Pemdes Karangkamulyan Bersama Koramil Ciawigebang dan Masyarakat Membangun Jalan Poros Desa


 


KUNINGAN,- Upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Desa Karangkamulyan, Kecamatan Ciawigebang, terus dilakukan oleh Pemerintah Desa Karangkamulyan, termasuk pembangunan jalan poros desa sepanjang 850 meter dan lebar 3,5 meter.

 

Jalan tersebut menghubungkan dengan Desa Ciawigebang-Cihaur dan poros Ciawigebang-Sukadana yang melintang lurus antara dua jalur jalan kabupaten di Kecamatan Ciawigebang,” kata Kades Karangkamulyan, Yayat Supriyatna, melalui WhatsApp, Jumat (23/10/2020).

 

Dijelaskan, hari ini mulai pukul 07.00 pagi hingga 10.00 wib sekitar 200 orang warga desa bersama 20 personil TNI AD dari Koramil Ciawigebang yang dipimpin Danramil melakukan kerja bakti membersihkan rumput dan bahu jalan guna mempersiapkan pembangunan jalan itu.

 

“Jalan poros desa setelah sekian lama terbekalai tanpa adanya perhatian dari Pemkab Kuningan, termasuk pengaspalan maupun dihotmix, akhirnya bisa terrealisasi dan kita sudah sangat bangga juga senang hati, karena Selasa besok bisa kita kerjakan,” katanya.

 

Padahal jalan tersebut merupakan jalan strategis dan satu-satunya jalan utama yang sehari-hari dipakai sebagai sarana transportasi oleh masyarakat Desa Karangkamulyan dan merupakan jalan lintas antar desa.

 

Sebelumnya, Kades Karangkamulyan bersama perangkat desa dan tokoh masyarakat sudah mengajukan usulan program pembenahan jalan yang melintasi poros Desa Karangkamulyan kepada Dinas PU, Bupati Kuningan, Wakil Bupati Kuningan dan didorong oleh wakil ketua DPRD Kuningan.

 

Menurut Yayat, pada awal pemerintahannya di tahun pertama mampu merealisasikan pembangunan jalan melalui program Gerbangsimas.

 

Adapun seluruh alat matrial yang dibutuhkan didatangkan langsung dari Pemda Kuningan melalui Dinas PU dan untuk pekerjaannya dilaksanakan secara swadaya masyarakat.

 

Kendati alat material sudah siap, pembangunan jalan itu membutuhkan tenaga ahli di bidangnya, sehingga ia berkoordinasi dengan Dinas PU dan Koramil Ciawigebang untuk mendatangkan tenaga ahli dimaksud.

 

Tenaga ahli itu dibayar langsung oleh swadaya dari kepala desa, perangkat desa dan lembaga lainnya agar tidak membebankan masyarakat.

 

“Masyarakat bersama kami pemerintahan desa dan pemerintahan desa bagian dari masyarakat, Insya Allah kekompakan akan terjaga demi Karangkamulyan Amanah.

 

Sementara itu, Danramil Ciawigebang, Kapten Arh. Mulyadi, mengatakan, ia dan anggotanya siap membantu dalam pelaksanaan pengaspalan jalan poros Desa Karangkamulyan.

 

“Hal itu dibuktikan dengan kekompakan anggota saya yang ikut berbaur melaksanakan Jumsih membersihkan selokan dan bahu jalan yang akan diaspal pada Selasa besok 27 Oktober 2020,” katanya setelah apel di Kodim 0615.     

 

deha

Diberdayakan oleh Blogger.