Covid-19 Terus Bertambah, Kuningan Masuk Zona Orange

 


KUNINGAN,- Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kuningan setiap hari terus bertambah sehingga masuk zona orange yang sebelumnya zona kuning, maka Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Kuningan segera mengambil langkah untuk mengatasi peningkatan sebaran tersebut.

 

Hal itu disampaikan jubir GTPP Covid-19, Agus Mauludin, kepada sejumlah media yang tergabung dalam WAG Media Corona, Rabu (23/9/2020).

 

“Mengingat trend perkembangan yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kuningan yang terus meningkat, bahkan saat ini sudah berada di zona orange,” kata Agus.

 

Upaya yang dilakukan diantaranya, mengefektifkan kembali peraturan-peraturan yang sudah ada untuk menekan atau memutus rantai sebaran Covid-19 di Kabupaten Kuningan.

 

“Akan diberlakukan kembali cek point di tiga titik pintu keluar masuk Kabupaten  Kuningan yaitu di Tugu Ikan Sampora, Cipasung dan Cidahu,” katanya.

 

Kemungkinan akan kembali diberlakukan jam malam, pengaturan kembali jam operasional ekonomi, pembatasan aktifitas tempat wisata, tempat hiburan malam, mengefektifkan kembali Satgas Covid-19 di kecamatan, desa/kelurahan sampai ke rt/rw.

 

Selain itu pula peninjauan kembali izin untuk aktifitas warga yang kemungkinan menimbulkan kerumunan, untuk wilayah yang kasusnya tinggi akan dilakukan PSBM.



 

“Kami mengambil langkah ini untuk memutus sebaran Covid-19 di Kabupaten Kuningan, setelah melihat dan mengkaji sebaran yang terus meningkat. Sedangkan untuk masyarakat seperti kuwu atau kepala pusjes yang pernah terkonfirmasi positif sekarang sudah dinyatakan discarded,” katanya.

 

Ditanya acuan data dari Zona Kuning menjadi Zona Orange, Agus menerangkan, hal itu berdasarkan grafis level kewaspadaan yang dikeluarkan Dinkes Provinsi Jabar per 20 September 2020, Kabupaten Kuningan level kewaspadaannya naik menjadi beresiko sedang atau masuk di zona orange karena trend sebaran terus naik.

 

“Update zonasi mingguan. Update di atas untuk rentang waktu 14 - 20 September. Untuk 21 - 27 belum ada update (keluar di 27) mungkin turun atau juga mungkin naik atau tetap levelnya,” katanya.

 

deha

Diberdayakan oleh Blogger.