Antisipasi Karhutla, Polres Kuningan Gelar Simulasi Pemadaman Api




KUNINGAN (KN) Memasuki musim kemarau, jajaran Polres Kuningan Polda Jawa Barat, melaksanakan Simulasi Pemadaman Api guna kesiapan pengamanan penanggulangan bencana alam kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di halaman Polres Kuningan, Sabtu (11/7/2020).

Kegiatan itu dipimpin langsung Kapolres Kuningan, AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, bertujuan dalam upaya kesiapsiagaan penanggulangan bencana.

Turut hadir dalam pelaksanaan simulasi, Waka Polres Kuningan, Jaka Mulyana, Kabag Ops Polres Kuningan Tri Sumarsono juga dihadiri para Kasat serta anggota peserta simulasi.

“Simulasi pemadaman api dalam rangka antisipasi bencana karhutla ini merupakan bentuk kesiapan kita dalam menanggulangi bencana, khususnya kebakaran hutan dan lahan," kata Kapolres.

Ia menegaskan, Polri beserta TNI dan instansi terkait akan bersatu padu untuk mencegah terjadinya karhutla dengan melakukan kegiatan-kegiatan preventif dan Polres Kuningan akan bertindak tegas terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan.



Dalam pelaksanaan simulasi tersebut, Polres Kuningan telah mempersiapkan perlengkapan yang telah dimodifikasi dalam upaya antisipasi pencegahan bencana karhutla berupa pemadaman api menggunakan rotan, pemadaman api menggunakan motor yang dimodifikasi khusus serta memodifikasi pemadaman api menggunakan pompa air gendong.
 
"Perlengkapan tersebut dimodifikasi untuk dapat menjangkau titik api manakala pemadam kebakaran tidak dapat mencapai titik api, sehingga diharapkan mampu mencegah melebarnya area kebakaran," katanya.

deha
Sumber : Humas Polres Kuningan

Diberdayakan oleh Blogger.