Toto Suharto : Virus Corona Menyerang Manusia Jika Kondisi Fisik Lemah




KUNINGAN (KN),- Terkait boomingnya wabah Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) di Indonesia, anggota DPRD Kabupaten Kuningan dari Fraksi PAN, Toto Suharto, meminta kepada masyarakat Kabupaten Kuningan agar tetap tenang dan selalu menjaga kondisi fisik agar tetap bugar jangan lemah.

Hal itu disampaikan kepada kamangkaranews.com melalui WhatsApp, Senin (16/3/2020) ketika ditanya pendapatnya mengenai Covid-19 yang telah menyebar hampir ke setiap negara, bahkan sudah menjadi pandemik global.   

“Yang penting mengkonsumsi makanan yang sehat, minum,  istrirahat dan olahraga serta mendapatkan cahaya sinar matahari yang cukup karena virus corona ini lebih menyerang kondisi fisik manusia dalam keadaan lemah dan virus ini belum ada obatnya,” katanya.

Dijelaskan, biasanya virus tidak bisa diobati, yang penting pola hidup agar selalu sehat dan masalah virus corona ini kejadiannya bukan hanya di indonesia, berawal dari Kota Wuhan Cina sekarang sudah menyebar seluruh dunia yang sudah banyak korban.

Tapi masyarakat harus waspada untuk antisipasi hindari tempat umum seperti mall dan bioskop. Termasuk kumpul-kumpul seperti reuni atau arisan lebih dari 10 orang, hindari menghadiri kegiatan masal, berpergian keluar kota atau luar provinsi, dalam rangka mengantisipasi tertularnya virus corona.

“Setahu saya, pemerintah daerah sudah melakukan langkah-langkah untuk penanganan kasus virus corona yang sudah terbentuk tim penanganan virus corona dan sudah menetapkan dua rumah sakit rujukan pasien virus corona yaitu RSU 45 dan RSU Linggarjati Bandorasa,” terangnya.

Tentunya, sebagai wakil rakyat (DPRD) agar rumah sakit ini sudah siap untuk menampung pasien Virus Corona, bila ada yang terindikasi terjangkit virus corona, di luar rumah sakit rujukan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah.

“Tujuannya agar tetap memberikan pelayanan untuk pasien-pasien terindikasi virus Corona, untuk sementara dan selanjutnya dirujuk ke rumah sakit yang sudah di tetapkan oleh pemerintah daerah sebagai rumah sakit rujukan pasien Virus Corona,” katanya.

Menurutnya, untuk sementara rumah sakit meniadakan jam besuk kecuali penunggu pasien untuk meminimalisir angka penularan virus corona, tidak ada alasan lagi rumah sakit rujukan menyatakan penuh tempat tidur kecuali keterbatasan sarana prasarana dan SDM.

“Hanya saja, saat ini terdapat persoalan langkanya masker, sehingga masyarakat kesulitan mendapatkan masker, ketika ada pun harganya mahal, maka kami memberikan masukan kepada pemerintah daerah untuk segera mencari solusi menyiapkan masker dan dibagikan kepada masyakarat Kabupaten Kuningan yang memerlukan,” katanya.

Ia menghimbau masyarakat jangan mudah menerima berita tentang virus corona berlebihan yang bisa membuat masyarakat resah, yang penting warga masyarakat Kuningan agar tetap tenang karena ini merupakan musibah, cobaan dari Maha Kuasa.

“Yang penting kita sama-sama berdo'a kepada Maha Kuasa agar permasalahan ini cepat pulih kembali karena mati dan hidup semua urusan Maha Kuasa. Tapi tetap berikhtiar dan berusaha wajib dan mudah-mudahan dalam waktu cepat ditemukan vaksin virus corona,” harapnya.

Toto mengusulkan kepada Dinas Perhubungan dan Kepolisian agar setiap kendaraan penumpang yang mau masuk ke Kuningan dari luar Kuningan supayaa dideteksi menggunakan thermometer infrared untuk mengetahui keberadaan suhu tubuh penumpang di dalam kendaraan.

deha


Diberdayakan oleh Blogger.