Pandemi Corona, Presiden Minta Kebijakan Kepala Daerah Tidak Menimbulkan Kepanikan Masyarakat

JAKARTA (KN),- Menyikapi Covid-19 (Corona) Presiden Joko Widodo meminta agar para kepala daerah tidak menciptakan kebijakan yang dap...




JAKARTA (KN),- Menyikapi Covid-19 (Corona) Presiden Joko Widodo meminta agar para kepala daerah tidak menciptakan kebijakan yang dapat menimbulkan kepanikan masyarakat.

Presiden Jokowi berharap Mendagri agar fokus memberitahukan kepada seluruh kepala daerah, gubernur, bupati, wali kota agar hati-hati membuat policy agar tidak membuat kepanikan di masyarakat.

Data dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, kepada kamangkaranews.com melalui WAG JarKomMedSos, permintaan Jokowi itu disampaikan dalam rapat terbatas menggunakan teleconference di Istana Bogor, Senin (16/3/2020).

Rapat kali ini menyusul himbauan pada Minggu (16/3) agar masyarakat mulai untuk bekerja, belajar dan beribadah dari rumah, terlebih Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga dinyatakan positif Covid-19.

"Agar policy bisa tepat sasaran sehingga bisa mengurangi pergerakan, pertemuan-pertemuan, mengurangi meeting-meeting sehingga kita bisa mengurangi dampak dari Covid-19," kata Presiden.

Presiden mengakui, saat ini Indonesia berada dalam situasi yang tidak biasa, baik yang berkaitan dengan perlambatan ekonomi,  maupun berkaitan dengan pandemi Covid-19.

Presiden pun meminta kepada para menteri untuk membuat program-program yang mengajarkan kepada masyarakat mengenai Covid-19.

"Yang penting saya sampaikan berkaitan dengan kesehatan, yang berkaitan dengan Covid-19, saya mengajak kita semuanya untuk yang berkaitan dengan program-program yang ada mengedukasi masyarakat, semuanya diarahkan agar bisa berkaitan dengan Covid-19," tutur Presiden.

Selain itu, ia meminta agar kementerian maupun perusahaan dapat mulai menerapkan sistem bekerja dari rumah.

"Kemudian untuk perusahaan-perusahaan atau kantor pemerintah mulai bekerja dari rumah dan juga beribadah di rumah. Ini sekali lagi untuk mengurangi pergerakan karena social distancing penting sekali, jaga jarak penting sekali," ungkap Presiden.

Hingga Minggu (15/3), Indonesia memiliki 117 kasus Covid-19 positif dengan lima orang meninggal dunia dan tercatat sembuh delapan orang. Mereka tersebar di Jakarta, Tangerang, Bandung, Solo, Yogyakarta, Bali, Manado dan Pontianak.

Sejumlah daerah juga sudah menetapkan penyebaran Covid-19 ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Daerah-daerah tersebut adalah Kota Solo dengan memerintahkan siswa belajar di rumah selama dua pekan dan penutupan seluruh kawasan wisata.

Ada juga Provinsi Banten serta tiga kota dan kabupaten di dalamnya  yaitu Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Sedangkan DKI Jakarta juga menutup sebagian besar tempat wisata selama dua pekan serta meliburkan sekolah juga selama dua pekan dan mengurangi jumlah perjalanan KRL, MRT dan bus transjakarta.

Hingga Senin (16/3) pagi terkonfirmasi di dunia ada 170.071 orang yang terinfeksi Covid-19 dengan 6.525 kematian, sedangkan sudah ada 77.778 orang yang dinyatakan sembuh. Kasus di China mencapai 80.866 kasus, di Italia 24.747 kasus, di Iran 13.938 kasus, di Korea Selatan 8.236 kasus.

Jumlah kematian tertinggi terjadi di China yaitu 3.213 kematian disusul Italia sebanyak 1.809 kasus, dan Iran sebanyak 724 orang. Saat ini sudah ada sekitar 115 negara yang mengonfirmasi kasus positif Covid-19 di negaranya.

deha
Sumber : Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Nama

BERITA,1422,FEATURE,255,HEADLINE,1727,MISTERI,10,OPINI,23,PROFILE,15,RAGAM,5,
ltr
item
kamangkaranews: Pandemi Corona, Presiden Minta Kebijakan Kepala Daerah Tidak Menimbulkan Kepanikan Masyarakat
Pandemi Corona, Presiden Minta Kebijakan Kepala Daerah Tidak Menimbulkan Kepanikan Masyarakat
https://1.bp.blogspot.com/-PNrVK_bsAk8/Xm9MxUzm2yI/AAAAAAAAEuA/k3C1ATFm0LMX1DA9hpHaY9mws6kDPVunwCLcBGAsYHQ/s1600/tangkapan-layar.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-PNrVK_bsAk8/Xm9MxUzm2yI/AAAAAAAAEuA/k3C1ATFm0LMX1DA9hpHaY9mws6kDPVunwCLcBGAsYHQ/s72-c/tangkapan-layar.jpg
kamangkaranews
https://www.kamangkaranews.com/2020/03/pandemi-corona-presiden-minta-kebijakan.html
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/2020/03/pandemi-corona-presiden-minta-kebijakan.html
true
2411474526934600298
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content