Aneh, Kades Pekiringan Tak Tahu Jumlah Bantuan RTLH Warga ?




TEGAL (KN),- Program Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang digulirkan Pemerintah Kabupaten Tegal di Desa Pekiringan, Kecamatan Talang, sungguh aneh. Betapa tidak, jangankan warganya, kepala desa pun tidak tahu berapa jumlah nominal RTLH yang diberikan pemerintah kepada warga penerima bantuan.

Seperti yang diungkapkan warga berinisial “W” kepada jurnalis media ini ketika kroscek ke lokasi pekerjaan, Senin (10/2/2020) ia tidak mengetahui berapa jumlah nominal yang diberikan Pemkab Tegal untuk memperbaiki rumahnya dalam program RTLH.

Ia mengatakan, selama ini belum pernah ada sosialisasi dari Pemerintah Desa Pekiringan terkait program RTLH.

"Saya belum pernah diundang ke balai desa untuk pemberitahuan dan jumlah nominal sama kwitansi juga tidak tahu dan sumber dananya dari mana tidak paham, saya cuma senang saja sudah dapat bantuan," ujarnya.

Sementara itu, Kades Pekiringan, Akhmad Jazuli, saat dikonfirmasi di balai desa setempat mengaku tidak tahu menahu berkaitan pelaksanaan program RTLH yang diberikan Pemkab Tegal.

"Saya tidak tahu menahu berkaitan pelaksanaan program tersebut, kebetulan Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA) sedang sakit dan sudah beberapa hari tidak masuk," ucapnya

Ditanya perihal surat ijin sakit, ternyata Pemerintah Desa Pekiringan tidak bisa menunjukan bukti ijin sakit atau surat keterangan sakit.

Terpisah, salah satu aktivis dan pegiat LSM Bintang Nusantara (Binus) Slamet Radikal mengatakan, seharusnya Pemerintah Desa Pekiringan ketika pencairan dana warganya dipanggil dan diberikan sosialisasi berkaitan dengan pekerjaan akan dimulai kapan dan besaran serta sumber bantuan dana dari darimana.

“Warga harus mengetahui secara jelas dari mana sumber bantuan dan besaran nominalnya," tandasnya.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada penjelasan dari pihak Pemerintah Desa Pekiringan maupun Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA) program RTLH dari Pemkab Tegal di Desa Pekiringan, Kecamatan Talang.

Pewarta : fR
Editor : deha


Diberdayakan oleh Blogger.