SMAN 1 Comal Segera Kembalikan Uang SPP Siswa



PEMALANG (KN),- SMAN 1 Comal, Kabupaten Pemalang, akan segera mengembalikan uang SPP peserta didik yang sudah terlanjur dibayarkan pada bulan ini.

Hal itu berdasarkan himbauan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kepada seluruh satuan pendidikan tingkat SMA, SMK, SLB negeri agar mengembalikan uang SPP yang sudah terlanjur dibayarkan oleh siswa siswi untuk Bulan Januari hingga Juni 2020 karena mulai Januari 2020 sekolah dimaksud diberlakukan gratis.

Kepala SMAN 1 Comal, Sumanto melalui Waka Humas Didik kepada media ini, Jumat (17/1/2020) mengatakan, sesuai dengan surat edaran Gubernur Jawa Tengah, terhitung mulai Januari 2020 sekolah tidak boleh menarik uang SPP.

“Kami segera mengambil kebijakan bersama komite sekolah memberitahukan kepada orang tua/wali murid mulai Januari 2020 dan seterusnya kami tidak menarik maupun menerima uang SPP dan bagi diswa/i yang sudah terlanjur membayar akan segera kami data dan selanjutnya akan kami kembalikan dalam bulan ini," katanya.

Ia menyebutkan, jumlah peserta didik di SMAN 1 Comal dari kelas X hingga XII ada 1179 siswa, sedangkan yang sudah membayar SPP di bulan Januari 2020 sekitar 59  siswa, jadi tidak banyak.

"Harapan kami kepada orang tua/wali murid dengan adanya kebijakan gratis SPP ini, agar bisa meringankan beban biaya pendidikan sesuai dengan harapan pemerintah untuk mencegah anak putus sekolah,” harapnya.

Selain itu pula,  orang tua/wali murid bisa menabung untuk pembiayaan pendidikan di jenjang berikutnya, juga bisa memotivasi kepada anak-anaknya yang bersekolah di sini untuk lebih fokus dan serius dalam rangka mengikuti proses belajar di sekolah.

Terpisah, salah satu orang tua peserta didik yang tidak mau disebutkan namanya mengungkapkan kegembiraannya atas adanya kebijakan yang diambil oleh SMAN 1 Comal.

"Alhamdulillah dengan adanya kebijakan gratis SPP ini, saya tidak perlu lagi mengeluarkan sumbangan wajib setiap bulannya ke SMAN 1 Comal, anak saya baru kelas X dan kebetulan bulan ini belum bayar SPP,” katanya.

Menurutnya, uang itu akan ditabung untuk biaya pendidikan ke jenjang berikutnya dan ia pun sangat berterima kasih kepada pemerintah yang sudah berupaya meringankan beban biaya pendidikan kepada orang tua/wali murid tanpa terkecuali.

Pewarta : sR
Editor : deha

Diberdayakan oleh Blogger.