Pemkab Kuningan Gelar Shalat Gerhana Matahari




KUNINGAN (KN),- Wakil Bupati Kuningan, H.M Ridho Suganda bersama masyarakat melaksanakan Shalat Gerhana Matahari ((Sholat Kusuf) di Masjid Syiarul Islam, Kamis (26/12/2019). Sejumlah masjid di Kuningan pun  menggelar Sholat Gerhana Matahari.

Bertindak selaku imam sholat sunnah Gerhana di Masjid Syiarul Islam, Kuningan, Ustadz Adang Fuad Hasanudin Alhafidz dari Ponpes Al Multazam. Khotib KH. Arifin dari pangkalan Ciawigebang.  Usai Sholat Sunnah Gerhana ditutup dengan Khutbah Sholat Gerhana.

Sejak pekan lalu Kementerian Agama sudah mengimbau umat Islam untuk melaksanakan shalat Gerhana Matahari.

Shalat tersebut berdasarkan data astronomis yang menyatakan pada hari ini  26 Desember 2019 di Indonesia akan terjadi Gerhana Matahari Cincin dan Gerhana Matahari Sebagian.

“Kementerian Agama mengimbau umat Islam di seluruh Indonesia untuk melaksanakan salat sunnah Gerhana matahari,” ungkap Plh. Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Kementrian Agama RI, Tarmizi, dalam surat himbauan  tertanggal 19 Desember 2019.

Ia juga menganjurkan untuk bertakbir terlebih dahulu, memperbanyak dzikir, istighfar, sedekah dan amalan kebaikan lainnya. Disampingi itu agar umat Islam berdoa untuk keselamatan bangsa dan negara.

Sementara itu, Wabup Kuningan, H.M Ridho Suganda, menuturkan, menyikapi fenomena alam saat ini yaitu menyambut kedatangan gerhana matahari agar kita melaksanakan sholat gerhana matahari. Sesungguhnya gerhana adalah tanda tanda kekuasaan dan kebesaran Allah SWT.

deha--

Diberdayakan oleh Blogger.