Bamsoet Desak Kemenhut Lokalisir Karhutla G Ciremai



JAKARTA (KN),- Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, mendesak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) segera melokalisir titik api untuk mencegah meluasnya wilayah hutan Gunung Ciremai yang terbakar.   

“Kebakaran hutan di Taman Nasional Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sudah terjadi selama empat hari dan luas area yang terbakar diperkirakan mencapai 380 hektare,” katanya, Senin (12/8/2019).

Menurutnya, KLHK melalui Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terdiri dari Manggala Agni, TNI, Kepolisian dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk terus berupaya melakukan pemadaman pada lahan yang terbakar.

Begitu pula Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk melakukan modifikasi cuaca dengan membuat hujan buatan sebagai upaya untuk mempercepat penanggulangan kebakaran hutan dan penyebaran titik api.

“Mengingat adanya kendala cuaca, membuat tim tidak bisa mengoperasikan helikopter water bombbing sehingga upaya pemadaman dilakukan secara manual,” katanya.

Bamsoet juga meminta BPBD dengan tim gabungan terus melakukan evakuasi semua pendaki yang masih berada di jalur-jalur pendakian karena masih ada pendaki di jalur Palutungan yang belum dievakuasi.

“Kami mengimbau warga di sekitar gunung dan para pendaki agar menaati dan mengikuti arahan dari petugas terkait penutupan jalur pendakian TNGC pada empat jalur pendakian supaya terhindar adanya korban jiwa,” harapnya.

Kontributor Jakarta : Andika


Diberdayakan oleh Blogger.