Legenonan di Desa Lolong, Bupati Asip Berpesan Masyarakat Jaga Kebersihan





KAJEN (KN),- Bupati Pekalongan, KH. Asip Kholbihi, mengapresiasi  tradisi Legenonan atau Sedekah Bumi yang dilaksanakan di Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu malam (28/7/2019).

Bupati KH. Asip, mengatakan, Legenonan merupakan kegiatan tradisi lokal yang sangat baik untuk dijaga dan dilestarikan. Selain itu, adanya kegiatan semacam ini menunjukkan kehidupan masyarakat yang rukun dan guyub.

"Tujuan Legenonan adalah merefleksikan rasa syukur kepada Allah SWT atas hasil yang diperoleh selama satu tahun ini. Kemudian, kondisi desa yang aman, tentram, gemah ripah loh jinawi ini bisa dijadikan wahana masyarakat untuk bersilaturahmi," katanya.

Menurutnya, apabila masyarakatnya rukun dan guyub, maka tugas pemerintah daerah maupun aparat penegak hukum jadi lebih ringan. Oleh karena itu agar kebersamaan, saling pengertian dan gotong-royong seperti ini tetap dipertahankan.

“Karena gotong royong adalah ciri masyarakat kita, ciri khas Bangsa Indonesia,” katanya.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga dihibur dengan penampilan wayang golek dengan dalang Ki Aditia Nugraha asal Kabupaten Pemalang.

“Ini menunjukkan bahwa Legenonan tidak hanya untuk bersilaturahmi sesama masyarakat tetapi juga untuk melestarikan budaya," jelasnya.

Desa Lolong adalah salah satu desa destinasi wisata unggulan di Kabupaten Pekalongan dan banyak program pemerintah di desa ini untuk pemberdayaan pengembangan pariwisata.

"Desa Lolong dikenal keunggulan durennya yang sangat enak sekali. Selain, itu ada wisata air yang cukup bagus. Oleh karenanya saya berpesan kepada seluruh masyarakat, khususnya Desa Lolong untuk menjaga keindahan dan kebersihan," tambahnya.

Nampak hadir Kapolres Pekalongan, AKBP Wawan Kurniawan, Dandim 0710 Pekalongan, Letkol Inf. Arfan Johan Wihananto, jajaran Kecamatan Karanganyar beserta para kepala desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. (SLAM. S. U)


Diberdayakan oleh Blogger.