Evaluasi Kampanye Pemilu 2019 Direkomendasikan ke KPU RI





KUNINGAN (KN),- Pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Kuningan perlu ada evaluasi, apa kekurangannya dan akan dijadikan rekomendasi ke KPU RI agar ke depan bisa lebih baik lagi. 

Hal itu dipaparkan Ketua KPU Kuningan, Asep. Z. Fauzi dalam Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019 di RM Lembah Ciremai, Rabu (31/7/2019).

Menurutnya, kegiatan kampanye adalah menawarkan visi dan misi oleh calon, baik eksekutif maupun legislatif untuk mempengaruhi pemilih. Ada proses transfer of value agar yang tadinya tidak tahu menjadi tahu.

Dalam hal teknis menggunakan hak pilih yang tadinya tidak paham menjadi paham. Dalam dunia pendidikan disebut perubahan kognitif, afektif dan psikomotorik.    

“Kita sebagai pelaku dalam Pemilu 2019 memiliki kewajiban untuk sama-sama mengevaluasi secara keseluruhan pelaksanaan kampanyenya maupun evaluasi ke dalam sebagai peserta yang terlibat secara langsung,” katanya.

Ada pelaksana (KPU), pengawas (Bawaslu), peserta (partai politik). Kemudian masyarakat sebagai pemilih, kelompok NGO, sosial society serta pengamanan dari TNI dan Polri.

Termasuk kelompok intelektual dari kampus dan organisasi mahasiswa, baik intra maupun extra kampus yang memiliki intelektual yang memadai sehingga dipandang refresentatif atau memiliki kompetensi untuk dihadirkan disini.

“Kita harus jujur mengakui, bagaimana sebetulnya suasana dalam pelaksanaan kampanye kemarin,” katanya.

Kalau melihat PP Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan, mungkin kegiatan evaluasi ini sebagai proses pendidikan pelaksanaan Pemilu 2019.

“Kampanye adalah proses pendidikan politik, wujudnya terjadi pemilih yang cerdas dan berdaulat. Jika Pemilu 2024 kampanye masih banyak pelanggaran, maka Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 berarti gagal,” katanya.



Pantauan media ini, nampak hadir Dan Denpom III, seluruh Komisioner KPU Kuningan, perwakilan Kodim 0615, perwakilan Kejaksaan Negeri, pimpinan parpol, Kasubbag Hupmas KPU beserta sekretariat, organisasi kemahasiswaan dan  LPPL.

Narasumber Ketua KPU Kuningan, Asep. Z. Fauzi, Kepala Badan Kesbangpol Kuningan, Dadi Hariadi dan Komisioner Bawaslu Kuningan, Abdul Jalil Hermawan.

Moderator, Komisioner Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Dudung Abdu Salam.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.