Dialog Nilai Budaya Wujudkan Harmonisasi Ketahanan Bangsa





KUNINGAN (KN),- Silaturahmi dan Dialog Nilai-nilai Budaya dan Kearifan Lokal Kabupaten Kuningan tahun 2019 di Gedung Kesenian, Kamis (25/7/2019) untuk mewujudkan harmonisasi.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dan bentuk kepedulian,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kuningan diwakili Plt Kabid Ketahanan Bangsa, A. Juanda.   

Kepedulian dimaksud untuk mewujudkan harmonisasi peran antara pemerintah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pembinaan kesatuan bangsa sebagai perwujudan ketahanan sosial, budaya, seni dan agama.

Tujuannya memantapkan upaya dan strategi pelestarian budaya yang mengedepankan kearifan lokal dalam mengembangkan wawasan kebangsaan dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Secara eksplisit dikatakan, kegiatan tersebut merumuskan strategi pelestarian nilai-nilai budaya dan kearifan lokal di Kabupaten Kuningan.

Kemudian, sebagai media sinergitas komunikasi dan koordinasi dengan tokoh seniman dan budayawan serta pimpinan sanggar seni dan budaya.

Meningkatkan komitmen, kesadaran, tanggungjawab, kesamaan persepsi dan langkah strategis dalam pelestarian nilai-nilai budaya dan kearifan lokal.

Memantapkan pemahaman keberagaman adat istiadat dan budaya daerah dalam kerangka kebhinekaan.

“Selain itu juga menggelorakan semangat kebangsaan dalam menghadapi segala hambatan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Disebutkan, narasumber dari unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, tokoh budayawan, akademisi, TNI dan ulama.

Adapun peserta yaitu pamong budaya kecamatan se-Kabupaten Kuningan, pengelola situs dan cagar budaya, tokoh seniman budayawan, pimpinan sanggar seni, pimpinan organisasi penggiat seni dan budaya di Kabupaten Kuningan.

Menurutnya, output dari kegiatan adanya persamaan persepsi diantara seniman dan budayawan tentang nilai-nilai budaya dan kearifan lokal di Kabupaten Kuningan.

“Tertatanya organisasi seni dan budaya secara kelembagaan dan terbentuknya forum budaya membawahi para seniman dan budayawan serta terwujudnya ketahanan budaya di Kabupaten Kuningan,” katanya.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.