Caleg Tidak Puas, Segera Lapor ke Bawaslu





KUNINGAN (KN).- Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Penyelenggaraan, Maman Sulaeman, mengatakan, jika caleg atau parpol peserta Pemilu 2019 tidak puas pasca pleno rekapitulasi tingkat kabupaten, sebaiknya menyampaikan laporan ke Bawaslu Kuningan.

Hal itu diungkapkan ketika menerima kunjungan Forum Demokrasi Kuningan untuk melakukan audensi di Aula KPU Kabupaten Kuningan, Jumat (3/4/2019).

Menurutnya, Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 Tingkat Kabupaten Kuningan, 28-29 April 2019 di Ballroom Hotel Horison, telah selesai.

Kendati demikian, bilamana ada caleg yang merasa perolehan suaranya tidak sesuai dengan hasil rekapitulasi tersebut, segera melaporkan ke Bawaslu Kuningan.           

“Laporan itu dilengkapi data-data yang faktual dan dilakukan secepatnya sebelum tenggat waktu tanggal 7 Mei 2019,” katanya.

Menurutnya, KPU Kuningan akan menindaklanjuti setelah menerima rekomendasi dari Bawaslu Kuningan.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kuningan Divisi SDM, Ikhsan Bayanulloh, menuturkan, Bawaslu Kuningan membuka ruang kepada siapapun yang ingin memberikan tanggapan laporan hasil rekapitulasi kemarin untuk bisa direkomendasi.

“Kami akan menerima laporan setiap hari, meskipun Sabtu dan Minggu, kami harus melayani 24 jam setiap laporan yang masuk. Insya Allah Senin 6 Mei 2019 kami sudah bisa memberikan rekomendasi kepada KPU Kuningan,” katanya.    

Oleh karena itu, caleg yang sudah mempunyai bukti-bukti secara formal agar secepatnya mengajukan laporan ke Bawaslu Kuningan.

“Agar kami secepatnya mengkaji laporan dimaksud,” katanya. 

Pantauan media ini, kedatangan Forum Demokrasi Kuningan diterima Ketua KPU Kuningan beserta komisioner lainnya dan komunikasi pun berlangsung normatif serta kondusif.

Mereka meminta keadilan karena data perolehan suara pada saat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 Tingkat Kabupaten Kuningan, diduga banyak yang tidak sesuai dengan data yang mereka miliki. 

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.