KPU Kuningan Sosdiklih di RSUD '45

KUNINGAN (KN),- KPU Kabupaten Kuningan bersama Relawan Demokrasi Basis Berkebutuhan Khusus mengadakan Sosialisasi Pendidikan Pemil...





KUNINGAN (KN),- KPU Kabupaten Kuningan bersama Relawan Demokrasi Basis Berkebutuhan Khusus mengadakan Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) menjelang Pemilu 2019 di RSUD 45 Kuningan, Jumat (5/4/2019).

“Sosdiklih ini ditujukan kepada pasien rawat jalan, keluarga pasien dan staf pegawai rumah sakit,” kata Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Dudung Abdu Salam.

Ia menyampaikan informasi tentang kategori pemilih yang terdiri dari tiga kategori, yaitu Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

DPT adalah DPSHP Akhir yang telah diperbaiki oleh PPS, direkapitulasi oleh PPK dan ditetapkan oleh KPU/KIP kabupaten/kota.

Kemudian, DPTb adalah daftar pemilih yang telah terdaftar dalam DPT di suatu TPS namun karena keadaan tertentu pemilih tidak dapat menggunakan haknya untuk memilih di TPS tempat yang bersangkutan terdaftar sehingga memberikan suara di TPS lain.

Sedangkan DPK ialah daftar pemilih yang memiliki identitas kependudukan tetapi belum terdaftar dalam DPT dan DPTb.

Menurutnya, untuk dapat menggunakan hak memilih, Warga Negara Indonesia harus terdaftar sebagai pemilih kecuali yang ditentukan lain dalam Undang-Undang.

Syarat sebagai pemilih yakni sudah genap berumur 17 tahun atau lebih pada hari pemungutan suara, sudah kawin atau sudah pernah kawin. Tidak sedang terganggu jiwa atau ingatannya.

Tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap. Berdomisili di wilayah administratif pemilih yang dibuktikan dengan E-KTP.

“Bukan sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia atau Kepolisian Negara Republik Indonesia,” katanya.

Selanjutnya Dudung menjelaskan tentang 5 jenis surat suara yang akan diterima calon pemilih di TPS pada 17 April 2019. Terdiri dari Surat Suara Calon Presiden dan Wakil Presiden RI, Calon Anggota Legislatif DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

“Dari 5 surat suara tersebut masing-masing dibedakan warna sampul dan ukurannya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Sistem Pengendalian Intern RSUD 45 Kuningan, dr Lilis, menuturkan, kehadiran relasi untuk memberikan pemahaman tentang tata cara pencoblosan pemilu sangat penting bagi pasien di RSUD 45.

“Kami sangat antusias dengan sosialisasi ini karena banyak pasien yang belum mengerti tata cara pencoblosan,” tuturnya.

Terpisah, Relawan Demokrasi, Faisal Al ZLamar, mengatakan, dengan adanya sosialisasi, pasien dan keluarga pasien diharapkan memahami tata cara pencoblosan Pemilu 2019 dan dapat mengajak seluruh rekan serta keluarganya supaya meningkatkan angka partisipasi Pemilu 2019 khususnya di Kabupaten Kuningan.

deha--


Nama

BERITA,1439,FEATURE,259,HEADLINE,1749,MISTERI,10,OPINI,23,PROFILE,15,RAGAM,6,
ltr
item
kamangkaranews: KPU Kuningan Sosdiklih di RSUD '45
KPU Kuningan Sosdiklih di RSUD '45
https://2.bp.blogspot.com/-5Itjd-TE8Bg/XKdlswDa2zI/AAAAAAAABos/K6eELWzJ-rEdz-LWzhuRmB3SS_nyGHFOgCLcBGAs/s1600/sosrsud45.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-5Itjd-TE8Bg/XKdlswDa2zI/AAAAAAAABos/K6eELWzJ-rEdz-LWzhuRmB3SS_nyGHFOgCLcBGAs/s72-c/sosrsud45.jpg
kamangkaranews
https://www.kamangkaranews.com/2019/04/kpu-kuningan-sosdiklih-di-rsud-45.html
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/2019/04/kpu-kuningan-sosdiklih-di-rsud-45.html
true
2411474526934600298
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content