Hikmah Isra Mi’raj






Isra Mi’raj menjadi peristiwa penting bagi umat Islam karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad mendapatkan perintah untuk menunaikan shalat lima waktu sehari semalam.

Rasulullah SAW mengalami peristiwa Isra Mi’raj setelah mendapatkan kesedihan yang luar biasa. Beberapa hikmah Isra Mi'raj yang bisa kita ambil hikmahnya :

Perjuangan

Satu diantara beberapa hikmah dibalik Isra Mi’raj yakni sebuah perjuangan. Orang yang sukses harus menempuh perjuangan yang keras.

Rasulullah SAW diisrakan dan dimi'rajkan Allah SWT setelah mendapatkan kesedihan yang luar biasa. Nabi ditinggal wafat oleh orang-orang yang dicintainya. 

Nabi mengalami rasa sedih yang sangat mendalam sehingga Allah SWT menghiburnya dengan diisrakan dan dimi'rajkan.

Ada kemudahan setelah kesulitan

Hikmah selanjutnya yakni akan selalu ada kemudahan dan kegembiraan yang diberikan Allah SWT setelah kesulitan dan ujian.

Senantiasa izin dengan orang tua

Saat Nabi Muhammad naik ke langit ke-7, Beliau bertemu dengan Nabi Adam AS di langit pertama. Nabi AdamAS merupakan bapak dari manusia. Hal ini menandakan setiap pekerjaan yang dilakukan harus senantiasa izin kepada orang tua.

Hati adalah hal terpenting dalam diri manusia

Hati sebagai pusat metabolisme keimanan dan ketaqwaan. Hati mengarahkan kehidupan spiritual manusia dan kualitas spiritual itu secara langsung turut menentukan dan mempengaruhi tingkah laku sosial seseorang. 

Dengan demikian, apa yang terjadi pada diri Rasulullah SAW adalah simbol bagi umatnya, bahwa hati adalah perkara yang paling penting untuk dirawat mengalahkan berbagai anggota lainnya.

*“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS. Al-Isra‘: 1)*

Penulis : Pituin orang Kuningan Calon Anggota DPRI RI Partai Golkar Dapil Jawa Barat X (Kuningan-Ciamis-Banjar-Pangandaran)


Diberdayakan oleh Blogger.