UPTD Labkesda Kuningan Raih Predikat Terakreditasi Penuh





KUNINGAN (KN),- UPTD Labkesda Kabupaten Kuningan tahun ini meraih Predikat Terakreditasi Penuh dari Komisi Akreditasi Laboratorium Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KALK Kemenkes RI).

Sertifikat Akreditasi Laboratorium Kesehatan diserahkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, H. Raji, SE, MM.Kes mewakili Kemenkes RI kepada Kepala UPTD Labkesda, H. Aan Sugandi, MM.Kes, bertepatan apel pagi di halaman Kantor Dinkes Kabupaten Kuningan, Selasa (5/3/2019).

Kepala UPTD Labkesda, H. Aan Sugandi, MM.Kes, kepada media ini mengatakan, Akreditasi Laboratorium Kesehatan merupakan serangkaian proses yang diawali dengan workshop, bimbingan teknis, survey simulasi dan survey akreditasi yang seluruhnya dilaksanakan oleh nara sumber dan surveyor KALK.

“Seiring perkembangan teknologi dan sosial kemasyarakatan, tuntutan pelayanan kesehatan yang bermutu menjadi hal mutlak untuk segera dipenuhi. Sarana pelayanan laboratorium kesehatan daerah diharuskan mempersiapkan diri dalam memberikan pelayanan yang baik dan memenuhi standar,” katanya.


Tuntutan masyarakat untuk mendapatkan hak pelayanan yang bermutu berdampak terhadap prakarsa dalam sistem pelayanan kesehatan yang tertuju kepada mutu pelayanan dan pengembangan sistem evaluasi mutu pelayanan.

Salah satu upaya untuk meningkatkan dan membudayakan konsep mutu pelayanan laboratorium kesehatan, melalui pembinaan yang terarah dan berkesinambungan yaitu dengan melaksanakan akreditasi laboratorium kesehatan.

Dengan demikian, lanjutnya, akreditasi laboratorium kesehatan adalah bentuk pengakuan yang diberikan kepada manajemen laboratorium kesehatan yang telah memenuhi standar.

“Alhamdulillah terbayar sudah perjuangan kami selama ini. Mudah-mudahan sertifikasi ini selain menjadi amanah juga merupakan sumber motivasi kami untuk lebih giat bekerja dan memberikan pelayanan laboratorium kepada masyarakat Kuningan dengan lebih baik dan bermutu,” pungkasnya.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.