Kesbangpol Apresiasi Kinerja KPU Kuningan





KUNINGAN (KN),- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kuningan mengapresiasi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan dalam upaya meningkatkan angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2019.

Hal itu itu diungkapkan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kuningan, Drs. H. Dadi Hariadi, MSi, kepada media ini di ruang kerjanya, Selasa (5/3/2019).  

“Salah satunya KPU Kuningan melaksanakan Sosialisasi Pendidikan Pemilih atau Sosdiklih kepada para pemilih pemula di beberapa lembaga pendidikan dan komunitas maupun acara Car Free Day,” katanya.

Apalagi KPU Kuningan sudah menggulirkan program Relawan Demokrasi yang bertujuan mempercepat pertambahan angka partisipasi pemilih di Pemilu 2019 dengan berbagai variasi kegiatan.

Disebutkan, pada Pilkada Gubernur Jawa Barat 2018 angka pemilih di Kabupaten Kuningan tercatat 71,43 persen dan Pilbup Kuningan 2018 mencapai 71,40 persen. Untuk Pemilu 2019 diharapkan bisa meningkat, paling tidak bisa dipertahankan.

“Bukan hanya itu, Pilkada 2018 di Kabupaten Kuningan bisa terselenggara sukses tanpa ekses. Bahkan dinilai sebagai penyelenggara pilkada terbaik seJawa Barat,” katanya.    

Kesbangpol Kuningan juga akan melaksanakan Sosdiklih ke pemilih pemula di Wilayah Kecamatan Jalaksana, Luragung, Cibingbin dan Kota Kuningan.

Menyikapi Pilpres 2019 karena calonnya ada dua pasang (head to head) yaitu Ir. H. Joko Widodo - Prof. Dr. (HC) KH. Ma’ruf Amin nomor urut 01 dan H. Prabowo Subianto - H. Sandiaga Salahuddin Uno nomor urut 02 sehingga kontestasi cenderung lebih menghangat, ia berpendapat masyarakat Kuningan sudah dewasa dalam berpolitik.

“Kami berharap masyarakat Kabupaten Kuningan tetap menjaga kondusifitas, damai dan saling menghargai satu sama lain. Beda pilihan itu wajar dalam kehidupan berdemokrasi,” katanya.

Begitu pula rivalitas Pileg 2019, para caleg akan mengarahkan masyarakat atau calon pemilihnya untuk tidak saling berbenturan dengan yang lainnya.   

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.