KPU Jabar Ajak Masyarakat Kuningan Jadi Pemilih Cerdas





KUNINGAN (KN),- Komisioner KPU Jawa Barat Divisi Teknis Penyelenggara, Endun Abdul Haq, mengajak masyarakat Jawa Barat, khususnya Kabupaten Kuningan untuk menjadi pemilih yang cerdas di Pemilu 2019.

“Pemilih cerdas itu indikatornya dia tahu mengikuti perkembangan informasi pemilu, siapa yang akan dipilih setelah tahu tentang visinya, misinya dan program kerjanya. Kemudian datang ke TPS  tanggal 17 April 2019,” katanya kepada media ini, Minggu (10/3/2019).

Hal itu disampaikan usai memberikan materi Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara (P2S) dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019, di Hotel Prima Resort Kuningan, pada hari kedua.

“Kami berharap tingkat partisipasi masyarakat di Kabupaten Kuningan bisa tinggi,” katanya.

Terkait eskalasi politik Pilpres 2019, Indonesia sudah beberapa kali melaksanakan pemilu. Filosofi masyarakat Jawa Barat ‘Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh, Silih Wangikeun’ menurutnya masih kuat dipegang oleh masyarakat Jawa Barat.

“Khusus di Kabupaten Kuningan tentunya walaupun berbeda-beda pilihan maupun dukungan politik, tetapi warga masyarakat disini sudah dewasa,” katanya.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk cerdas ketika mendapatkan berita maupun informasi jangan terpengaruh oleh berita bohong atau hoax yang dapat memperkeruh suasana demokrasi, bahkan hubungan persaudaran terpecah.

“Kalau perbedaan politik itu menurut saya adalah sunatullah. Kita saling menghormati, menghargai dan mengutamakan persaudaran, menjaga kondusifitas Jawa Barat maupun Kabupaten Kuningan,” katanya.


Mengenai kegiatan Bimtek P2S dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 oleh KPU Kuningan, ia menjelaskan, secara menyeluruh dilaksanakan oleh KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

Tujuannya ada pemahaman yang sama, baik regulasi dan teknis pelaksanaan di lapangan. Sehingga proses pemungutan penghitungan suara serta rekapitulasi bisa berjalan dengan lancar.

“PPK yang ikut bimtek ini nanti bisa menyampaikan lagi secara utuh kepada PPS dan KPPS. Saya berkeliling setiap hari di Jawa Barat diharapkan ada pemahaman yang sama menjelang Pemilu 2019 di Jawa Barat dan khususnya Kabupaten Kuningan,” katanya.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.