Tanpa Pancasila, NKRI Akan Hancur





KUNINGAN (KN),- Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PKB, Yanuar Prihatin, mengatakan, sosialisasi tentang Pancasila harus terus dilakukan. Karena fenomena saat ini, pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat Indonesia cenderung berkurang.

Hal itu dikatakan usai memberikan materi Sosialisasi Menggali Mutiara Pancasila bekerjasama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) kepada pemuda dan mahasiswa di gedung IPHI Kuningan, Selasa (12/2/2019).

“Pancasila satu-satunya ideologi bangsa dan menjadi pemersatu seluruh rakyat Indonesia. Kehidupan berbangsa dan bernegara harus berpedoman kepada nilai-nilai Pancasila. Sebab tanpa Pancasila, NKRI akan hancur,” katanya.

Situasi sekarang ini Pancasila harus terus disosialisasikan, diseminarkan ulang dan ditumbuhkembangkan untuk lebih memperkuat keyakinan tentang Pancasila.

“Oleh karena itu, Komisi II DPR RI dan BPIP RI, dulu bernama BP7, yang berada dibawah tanggungjawab langsung Presiden RI mensosialisasikan ulang Pancasila,” katanya.

Ditanya apakah Komisi II bisa mengkomunikasikan dengan Komisi IX yang membidangi pendidikan agar pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) yang dihilangkan bisa kembali diberikan kepada para murid di sekolah-sekolah, ia sangat menyetujuinya.

“Komisi II sedang mengkoordinasikan dengan seluruh stakeholder, pihak sekolah dan kampus. BPIP sudah komunikasi dengan Dirjen Pendidikan Kemendikbud RI agar kurikulum sekolah ada pelajaran tentang Pancasila,” katanya.

Selain di Kabupaten Kuningan, kegiatan ini juga akan dilaksanakan di Kabupaten Ciamis, Banjar dan Pangandaran. Karena ia berasal dari Dapil Jabar 10.

deha--



Diberdayakan oleh Blogger.