Cigugur Siapkan Peserta PAI ke Tingkat Kabupaten




KUNINGAN (KN),- Pentas PAI SD di lingkup UPTD Pendidikan Cigugur diikuti 23 sekolah. Pembukaan dipusatkan di SDN 2 Cisantana, Sabtu (2/2/2019), untuk mempersiapkan peserta PAI ke tingkat Kabupaten Kuningan.

Ketua panitia, Saleh, kepada media ini menyebutkan, cabang yang dilombakan ada 7, yaitu Cerdas Cermat, Pidato (pa/pi), MHQ (pa/pi), MTQ (pa/pi), Kaligrafi (pa/pi), Praktek Ibadah Shalat (berjamaah) dan Qasidah Rebana.

“Setiap sekolah rata-rata mengirimkan 25 murid untuk mengikuti seluruh lomba. Kegiatan ini merupakan persiapan menghadapi Pentas PAI tingkat kabupaten tanggal 27 Pebruari 2019,” kata Saleh yang juga Ketua Kelompok Kerja Guru Agama (KKGA) Kecamatan Cigugur.

Tempat lomba Qasidah Rebana di aula Desa Cisantana, berada di depan SDN 2 Cisantana. Kemudian lomba lainnya di SDN 1 Cisantana yang berjarak hanya beberapa meter dari SDN 2 Cisantana.

Sementara itu, Kepala UPTD Pendidikan Cigugur, Susi Susilawati, mengatakan, program ini merupakan program Kabupaten Kuningan yang harus dan wajib untuk ditindaklanjuti, termasuk di Kecamatan Cigugur.

Sebenarnya lomba sudah dimulai sejak kemarin yaitu Calistung. Hari ini PAI dan Sabtu depan sampai Bulan Maret kegiatan olahraga.

“Alhamdulillah tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Mudah-mudahan kejuaraan sekarang bisa menghasilkan untuk kejuaraan ke tingkat Kabupaten Kuningan dan Provinsi Jabar,” katanya.

Menurutnya, tahun kemarin mengirimkan perwakilan ke tingkat Provinsi Jabar untuk mengikuti berbagai lomba. Tahun 2017 meraih medali emas dan perunggu di tingkat provinsi dari cabang olahraga atletik kid.

Ia sudah melakukan pemetaaan seiiring visi Kuningan MAJU (Ma’mur, Agamis dan Pinunjul) Berbasis Desa, khususnya pinunjul di bidang pendidikan.

Bahkan mengajukan beberapa sekolah pinunjul. Seperti SDN 2 Cisantana dibidang olahraga. Kemudian akademis yaitu SDN 3 Cisantana, SDN 2 Winduherang dan SDN Cigugur. Untuk seni SDN Sukamulya dan sekolah lainnya.

“Namun menurut penilaian dari Kabupaten Kuningan, ternyata Cigugur masuk Pinunjul Budaya,” katanya.

Jumlah sekolah dasar di Wilayah Kecamatan Cigugur ada 25, terdiri dari 21 negeri dan empat swasta. Sebelumnya 23 sekolah namun ada penambahan sekolah swasta baru yaitu Bina Ulmah dan Tunas Qur’ani.

Kepala SDN 2 Cisantana, Siti Rohaeni, membenarkan terkait prestasi muridnya yang meraih medali emas dan perunggu putri dalam ajang O2SN Tingkat Jawa Barat Tahun 2017.

“Seandainya saat itu meraih juga medali perak, maka akan mewakili Jawa Barat ke Tingkat Nasional. Semoga tahun yang akan datang kami bisa berhasil meraihnya,” katanya.
        
deha--



Diberdayakan oleh Blogger.