KPU Kuningan Lantik PPK Tambahan dan PPS PAW Pemilu 2019




KUNINGAN (KN),- Sebanyak 81 orang yang terdiri dari 64 PPK, 16 PPS dan satu orang PPK PAW dilantik Ketua KPU Kuningan di RM Lembah Ciremai, Rabu (2/1/2019). Dihadiri Bupati Kuningan, perwakilan Kodim 0615, Polres Kuningan, Komisioner Bawaslu dan Desk Pemilu serta perwakilan parpol.

“Berdasarkan Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31/PUU/XVI/2018 tanggal 23 Juli 2018 tentang jumlah anggota PPK Pemilu 2019 menjadi 5 orang, maka tiap kabupaten kota harus merekrut lagi dua orang PPK tambahan,” kata Ketua KPU Kuningan, Asep. Z. Fauzi.

Disebutkan, dari 32 kecamatan masing-masing ditambah dua orang sehingga menjadi 160 orang. Sedangkan satu orang untuk PPK Garawangi termasuk ketegori PAW karena menggantikan PPK sebelumnya, Lestari Widyastuti yang menjadi Komisioner KPU Kuningan.

Selain PPK, lanjut dia, KPU Kuningan juga melantik 16 orang anggota PPS PAW. Hal itu sesuai Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kuningan Nomor 05/PP.05.1-Kpt/3208/KPU-Kab/I/2019.

Menurut Asfa, panggilan akrabnya, dengan adanya tambahan PPK diharapkan akan meningkatkan kualitas dan kinerja penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan. PPK harus profesional, berintegritas dan memiliki niat untuk mengabdikan diri untuk kepentingan bangsa dibandingkan pribadi

“Jangan ragu untuk bertanya dan belajar menambah pengetahuan peraturan perundangan-undangan. Orang terlibat kasus hukum tidak semuanya karena melanggar hukum tapi ada juga disebabkan ketidaktahuan terhadap aturan,” katanya.

Ia mengingatkan, tantangan PPK dan PPS menghadapi Pemilu 2019 sangat besar. Sekarang saja sudah beredarnya isu atau hoax tentang calon pemilih siluman di Indonesia hingga mencapai 31 juta orang. Belum lagi mempersoalkan kotak suara dari kardus dan orang gila bisa ikut memilih.

Oleh karenanya PPK dan PPS diharapkan memberikan informasi dan penjelasan yang benar kepada masyarakat dan mengayomi kepada semua golongan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara Pemilu 2019.

--deha


Diberdayakan oleh Blogger.