KPU Kuningan Gulirkan Program RELASI




KUNINGAN (KN),- Ketua KPU Kuningan, Asep.Z.Fauzi, mengatakan, Jumat (11/1/2019), tantangan sosialisasi dan pendidikan pemilih pada Pemilu 2019 lebih berat karena semakin kompleksnya penyelenggaraan pemilu. Pemilih akan berhadapan dengan lima jenis surat suara di TPS.

Sehingga perlu kecermatan pemilih untuk memastikan tata cara pemberian suara yang benar di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sosialisasi dan pendidikan pemilih yang lebih masif dan intensif juga dibutuhkan untuk menurunkan angka suara tidak sah atau invalid vote dalam pemilu.

“Oleh karenanya, KPU Kuningan menggulirkan Program Relawan Demokrasi (RELASI) untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya di mana mereka ditempatkan sebagai pelopor (pioneer) demokrasi bagi komunitasnya,” kata Asfa, panggilan akrabnya.

Dijelaskan, relawan demokrasi menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kabupaten/kota. Bentuk peran serta masyarakat ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal.

Program Relawan Demokrasi  yang digagas KPU melibatkan kelompok masyarakat yang berasal dari 11 basis pemilih strategis yaitu basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet dan basis relawan demokrasi.

Relawan demokrasi ini dapat menggerakkan masyarakat tempat mereka berada, agar mau menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana serta penuh tanggung jawab, sehingga partisipasi pemilih dan kualitas Pemilu 2019 dapat lebih baik dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya.

“Pelopor-pelopor demokrasi akan dibentuk di setiap basis yang kemudian menjadi penyuluh pada setiap komunitasnya dan diharapkan mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Pengumuman calon Relasi Pemilu Tahun 2019 tanggal 10 Januari 2019. Sebagai tindaklanjut surat KPU RI Nomor 32/PP.08-SD/06/KPU/I/2019 tanggal 9 Januari 2019 tentang Pembentukan Relawan Demokrasi Pemilu Serentak Tahun 2019.

Sedangkan penyerahan dokumen pendaftaran tanggal 11 hingga 13 Januari 2019. Dokumen pendaftaran dapat diantarkan langsung ke Kantor KPU Kuningan mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Pengumuman beserta formulir syarat pendaftaran RELASI dapat dilihat di Kantor KPU atau diunduh di website kpu-kuningankab.go.id.

“Hasil seleksi administrasi akan diumumkan tanggal 15 Januari 2019. Kemudian wawancara 16 Januari 2019. Pengumuman peserta yang lulus 17 Januari 2019,” katanya.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.