Ormas, LSM dan OKP Dilatih Wawasan Kebangsaan




KUNINGAN (KN),- Bupati Kuningan H. Acep Purnama, mengatakan, bela negara adalah tekad, sikap atau tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berkelanjutan yang dilandasi oleh kecintaan pada tanah air.

Hal itu disampaikan dalam Pelatihan Peningkatan Kesadaran Bela Negara Kepada Ormas, LSM dan OKP di Hotel Prima Resort, Desa Panawuan, Kecamatan Cigandamekar, Selasa (18/12/2018).

"Kesadaran berbangsa dan bernegara serta kecintaan Pancasila sebagai ideologi negara dan kerelaan untuk berkorban guna menangkal setiap ancaman yang membahayakan kedaulatan negara serta persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.

Ia mengharapkan kegiatan kesadaran bela negara menjadi salah satu penunaian hak dan kewajiban warga negara dalam rangka penyelenggaraan pertahanan keamanan negara.

"Kegiatan ini menitikberatkan kepada lima nilai dasar yakni cinta tanah air, rela berkorban, sadar berbangsa dan bernegara, meyakini Pancasila sebagai ideologi negara serta memiliki kemampuan awal dalam bela negara baik fisik maupun non fisik.

Menurutnya, upaya nyata untuk menumbuhkan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan seperti ini perlu terus dikembangkan dalam berbagai lingkungan, termasuk Ormas . LSM dan OKP. (deha)


Diberdayakan oleh Blogger.