SMPN 1 Cilimus Dinilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Jawa Barat




KUNINGAN (KN),- Ketua Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Wilayah III Cirebon Untuk Provinsi Jabar, Dr. H. Yusuf Sopfyan , MM di SMPN 1 Cilimus, menjelaskan, Selasa (6/11), lomba ini setiap tahun rutin dilaksanakan. Kemudian nanti ada tingkat provinsi, setelah itu ke  tingkat nasional biasanya Bulan Mei atau Juni. Kemudian penganugerahan nasional Bulan Oktober.

“Tujuan UKS untuk meningkatkan derajat kesehatan siswa agar anak itu berprestasi. Karena kesehatan dengan berprestasi ada korelasinya. Kalau anak sehat, bugar pasti prestasinya bagus. Tapi kalau anak sakit prestasinya menurun. Jadi disinilah pendidikan karakter mulai TK, SD, SMP dan SMA,” katanya.


Dijelaskan, TK dan SD merupakan masa personal hygiene yaitu pemeliharaan perawatan kesehatan pribadi. Memasuki SMP masa social agent atau masa bergaul, barangkali ada narkoba, perilaku menyimpang (LGBT). “Diharapkan dengan pendidikan UKS anak-anak menjadi sibuk tidak ada kesempatan waktu luang untuk berleha-leha karena pengaruh seperti tadi akan masuk kedalam kehidupan anak,” katanya.

Ditanya evaluasi dari hasil penilaian, ia menyebutkan, ada tiga penilaian yaitu administrasi, fasilitasi dan Sumber Daya Manusia dalam hal ini siswa dan guru. “Disini masih ada kelemahan dan bisa diperbaiki. Misalnya anak-anak bisa lebih cekatan dalam menjawab setiap pertanyaan dari tim penilai. Jika anak ditanya bicaranya bagus berarti daya pikirnya bagus,” katanya.

Kategori penilaian kepada setiap sekolah berbeda. Sebelumnya ia dan tim penilai berkunjung ke TK Al Ghifari Kecamatan Kuningan dan SDN Bayuning, Kecamatan Kadugede. Kemudian akan dilanjut ke SMAN 1 Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang.

Pantauan media online ini, rombongan tim penilai diterima Kepala SMPN 1 Cilimus H. Momon Sukiman. MM.Pd mendamping Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Hj, Ika Acep Purnama, Asda Pemerintahan, Drs. H. Maman Hemansyah, MSI dan Camat Cilimus. Nampak hadir Danramil Cilimus, Kapolsek Cilimus dan Kabag Kesra Setda Kuningan. Hadir pula  Kepala UPTD Puskesmas Cilimus, Kepala KUA, Kepala SMAN Cilimus, dan tamu undangan lainnya. (deha)      


Diberdayakan oleh Blogger.