Bidang Hukum dan HAM HMI Cabang Kuningan Gelar "Ngaber"



KUNINGAN (KN),- Bidang Hukum dan HAM HMI Cabang Kuningan menggelar acara Ngaber (Ngabuburit dan Buka Puasa Bersama) di Sekretariat Bersama HMI KAHMI, Windusengkahan, beberapa waktu yang lalu.


Ketua Umum HMI Cabang Kuningan, Eka Kasmarandana, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/3/2024) mengatakan, kegjatan itu untuk memeriahkan semarak Ramadhan berupa kajian bertema "Hukum dan HAM Terkait Cyber Crime", diadakan pada 21 Maret 2024.


"Agenda tersebut menjadi ajang silaturahmi seluruh kader HMI di Wilayah Kerja Cabang Kuningan dan saya sangat mengapresiasi kegiatan ini," katanya.


Ia berharap, HMI ke depan mampu memberikan hasil pemikiran-pemikirannya yang kritis maupun akademis untuk setiap persoalan dan permasalahan di Kabupaten Kuningan serta memberi solusi untuk kemajuan dan kemaslahatan masyarakat.


Disebutkan, narasumber kajian oleh Rakanda Iman Jalaludin Rifa'i dan diikuti pengurus cabang di 5 Komisariat HMI yaitu Komisariat FE Uniku, Komisariat Unisa, Komisariat AMF, Komisariat Stiku dan Komisariat FKIP Uniku. 


Selain memeriahkan semarak Ramadhan dan membangun kembali sinergritas HMI se-Wilayah Cabang Kuningan periode kepengurusan baru juga meningkatkan daya kritis kader khususnya di bidang hukum dan HAM terkait cyber crime. 


Dalam pembahasannya, pemateri Rakanda Iman, menyampaikan tentang "Hak Asasi dan Hak Digital Setiap Manusia Sebagai Warga Negara Sesuai Pasal 28E dan Pasal 28F,"


"Pak ustad Iman secara tegas menyampaikan bahwa kita sebagai agent kritisasi harus mampu memberikan inovasi-inovasi kritisasi yang membangun dan solutif," katanya.


Bahkan jika mengacu Undang-Undang Nomor 01 Tahun 2024 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, warga negara diberikan kebebasan berekspresi terutama dalam mengelola ITE tersebut.
 
"Namun kebebasan itu harus bisa dibarengi opini yang mempunyai landasan jelas dan menyejukkan," ujarnya. 


Masih kata Eka, pemateri menyampaikan terkait pentingnya eksistensi gerakan organisasi yang sudah lama tidur khususnya di Kabupaten Kuningan.


Sementara itu, Kabid Hukum dan HAM HMI Cabang Kuningan, Dewa Galih Dwiginting, menerangkan, acara tersebut merupakan agenda perdana dalam program kerja HMI Cabang Kuningan di bulan puasa.


"Mudah-mudahan agenda ini bisa menjadi pondasi yang kuat baik dari sinergritas kader atau pun pemahaman bidang hukum untuk melanjutkan program kerja ke depan," katanya.


Pewarta : deha.

Diberdayakan oleh Blogger.