Usai Dilantik, 25.172 KPPS Dibimtek PPK



KUNINGAN (KN),- Sebanyak 25.172 KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) di 3.596 TPS (Tempat Pemungutan Suara) Pemilu 2024, usai dilantik PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) secara serentak di 32 kecamatan di Kabupaten Kuningan, kemarin, rencananya hari ini mengikuti Bimtek oleh PPK di wilayah kerjanya masing-masing.


"Pelantikan serentak KPPS, ternyata ada 5 kecamatan yang dilakukan secara zoom karena pesertanya minimal 1000 orang," sebut Ketua KPU Kuningan Kadiv Keuangan, Umum dan Logistik, Asep Budi Hartono, kepada kamangkaranews.com di ruang kerjanya, Jumat (26/1/2024).


Lima kecamatan dimaksud, imbuh Abuhar, panggilan akrabnya, terdiri dari Kecamatan Cibingbin, Ciawigebang, Cilimus, Kuningan dan Salajambe.


Dijelaskan, pelantikan sistem zoom, misalnya di Kecamatan Kuningan, 5 desa/kelurahan yaitu Kuningan, Purwawinangun, Awirarangan, Cijoho dan Ciporang, dikumpulkan di satu tempat (GOR Ewangga) berjumlah 1.183 orang KPPS.


"Dalam prosesi pelantikan itu, kita pun secara serentak melakukan penanaman bibit pohon yang menjadi program KPU untuk mendukung penghijauan, 1 TPS 1 bibit pohon berarti ada 3.596 pohon. 
Penanaman secara simbolis dilakukan di tempat pelantikan, sedangkan yang lainnya di sekitar TPS masing-masing," sebutnya.


Setelah dilantik, 25.172 KPPS rencananya mengikuti Bimbingan Teknis oleh PPK, sedangkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan yang menyusun acara tersebut.


"Pelaksanaan bimtek itu waktunya disesuaikan dengan jumlah KPPS, ada yang empat hari namun ada juga tiga hari," ujarnya.


Setelah pelantikan dan mengikuti bimtek, ia berharap nanti di hari H bisa sukses tanpa ekses, tidak timbul permasalahan dan KPPS disarankan membaca buku panduan agar lebih mantap ketika bertugas.


"Kepada warga masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih dan tercatat dalam daftar pemilih mudah-mudahan bisa  menggunakan hak pilihnya datang ke TPS pada hari Rabu 14 Februari 2024 mulai pukul 07:00 WIB hingga 13:00 WIB," harapnya.


Pewarta : deha.

Diberdayakan oleh Blogger.