Jangan Lupa, Kamis Besok Ada Beras Murah di Tamkot



KUNINGAN (KN),- Plt Camat Kuningan, Kabupaten Kuningan, Toni Kusumanto, berharap, para kepala desa/lurah di wilayah kerjanya agar mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai Operasi Pasar Beras Murah di Taman Kota, Kamis (6/4/2023).


"Kami sudah mengirim surat nomor 005/175/Ekbang, tertanggal 31 Maret 2023 perihal Operasi Pasar Beras Murah kepada para kepala desa/lurah di wilayah kerja Kecamatan Kuningan," kata Toni, kepada kamangkaranews.com, Selasa (4/4/2023).

Leading sektor kegiatan itu adalah Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan. Adapun kegiatan mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai.

"Satu kemasan beras berisi 5 kilogram, harga Rp47.500, syaratnya membawa KTP, maksimal pembelian per orang 2 kemasan atau 10 kilogram dan tidak boleh diperjualbelikan kepada pihak lain," sebutnya.

Stok beras dari Bulog tersebut diperkirakan 10 ton merupakan kerja sama Diskopdagperin. Sedangkan Pemerintah Kecamatan Kuningan diminta untuk menyiapkan tempatnya yaitu di Tamkot.

Tujuan secara mikro adalah beras murah dari Bulog bisa dimanfaatkan masyarakat karena harga di pasaran Rp11.000-Rp12.000 per satu kg tetapi dalam Operasi Pasar Beras Murah harganya Rp9.500 untuk ukuran satu kg.

Kemudian yang kedua, biasanya, pada bulan puasa Ramadan warga masyarakat membutuhkan persediaan beras lebih banyak dibandingkan bulan biasa.

"Ketiga dapat mencegah inflasi pada bulan Ramadan dan menjelang  Idul Fitri 1444 H," katanya.

Dijelaskan, inflasi adalah proses meningkatnya harga secara umum dan terus-menerus sehubungan dengan mekanisme pasar yang dipengaruhi banyak faktor, seperti peningkatan konsumsi masyarakat, likuiditas di pasar yang berlebih sehingga memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, hingga ketidaklancaran distribusi barang.

"Kami mengajak warga masyarakat agar memanfaatkan operasi pasar ini sebaik-baiknya," katanya.

Sementara itu, Kadis Kopdagperin, U. Kusmana, ketika dikonfirmasi dikirim pesan ke whatsappnya, hingga berita ini ditayangkan belum memberikan jawaban. Kemungkinan yang bersangkutan masih sibuk dengan rutinitas pekerjaannya.

Pewarta : deha.

Diberdayakan oleh Blogger.