Bupati Acep : Pekan Festival Ramadhan dan Bazar UMKM 2023 Bangun Ekonomi Kerakyatan



KUNINGAN (KN),- Bupati Kuningan, Acep Purnama, membuka Pekan Festival Ramadhan dan Bazar UMKM 2023 yang digelar Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) di Basement Foodcourt Taman Kota Kuningan, Senin (10/4/2023) sore.


"Kegiatan ini dapat memperlihatkan kepada masyarakat bahwa UMKM di Kabupaten Kuningan memiliki produk-produk berkualitas yang dapat bersaing dengan produk dari daerah lainnya," katanya.

Hal ini memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk-produk mereka secara langsung kepada konsumen, sehingga dapat mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan membangun ekonomi kerakyatan di Kabupaten Kuningan.

"Selain itu juga menjadi media promosi bagi UMKM dan wujud bakti sosial kita di bulan suci Ramadhan dan kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Kuningan," katanya.

Pada dasarnya, hikmah yang dapat dipetik dari pelaksanaan Festival Ramadhan ini untuk lebih mempererat hubungan Pemerintah Kabupaten Kuningan dengan masyarakat.

"Apalagi saat ini suasana bulan penuh berkah, kita dianjurkan untuk saling membantu antar sesama, salah satunya membangun ekonomi kerakyatan dengan berbagai kegiatan yang kaya manfaatnya. Semoga Festival ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi dan kebersamaan antar warga Kuningan," harapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kopdagperin, U. Kusmana, mengatakan, Pekan Festival Ramadhan dan Bazar UMKM 2023 merupakan tahun ketiga. 2021 di area eks Kuning Ayu dan 2022 di sini (Basement Foodcourt Taman Kota Kuningan).

"Festival Ramadhan dan Bazar UMKM 2023 dari tanggal 10-16 juga ada Operasi Pasar Beras Murah 10 ton/hari dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 9.400 per kg. Kemudian, sembako murah dan diskon besar-besaran dari beberapa toko modern, bazar produk unggulan UMKM 23 komunitas," sebutnya.

Selain itu pula, pagelaran seni budaya, santunan anak yatim, talk show GeLIaT siBaDU Podcast, lomba karaoke kategori anak dan dewasa dengan lagu bertema Islami, pelayanan publik dari Diskopdagperin dan Disdukcapil serta berbagai hiburan lainnya.

Acara ini merupakan salah satu dukungan atau partisipasi Pemkab Kuningan dalam rangkaian acara Bulan Suci Berbagi On The Street (BUBOS7) 2023 diselenggarakan serentak di 27 kabupaten/kota.

Pekan Festival Ramadhan dan Bazar UMKM 2023 didukung sepenuhnya oleh para pihak atau stakeholder yang menjalin kerja sama dengan konsep Heksa Helix Diskopdagperin Kuningan.

"Tidak hanya itu, 23 Komunitas UMKM juga akan memperkenalkan produk-produk unggulan mereka kepada masyarakat," katanya.

Pewarta : deha.

Diberdayakan oleh Blogger.