Hari Santri Nasional 2022, Kepala SMPN 2 Kuningan Ajak Muridnya Berjihad




KUNINGAN (KN),- Kepala SMP Negeri 2 Kuningan, Sade Tahya Hadik, mengajak murid-muridnya untuk berjihad, Sabtu (22/10/2022).

Hal itu dikatakan, usai upacara Hari Santri Nasional 2022 di SMPN 2 Kuningan yang beralamat di Jalan Otista, Kel/Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.




"Sesuai fatwa KH. Hasyim Asy'ari yaitu Hubbul wathan minal iman, mencintai tanah air merupakan iman untuk memberikan semangat nasionalisme melawan penjajah," kata Sade kepada kamangkaranews.com.

Dijelaskan, dulu setelah Indonesia merdeka masih dirongrong sekutu dan Inggris ingin menjajah lagi tetapi adanya kesiapan dari para ulama dan santri bersama tentara Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia.

Maka ulama dan santri bersama tentara Indonesia (dulu namanya TKR, BKR) berjuang  mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Dan hari ini diwujudkan menjadi negara Indonesia dengan bingkai Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Implementasinya tentang profil pelajar Pancasila Hubbul wathan minal iman, saatnya murid-murid SMPN 2 Kuningan untuk jihad membela kebenaran, menjaga kejujuran, menjadi pelajar yang dicintai ayah ibunya, oleh negara bangsa dan agamanya.

"Lahirkan jihadkan pada diri guru, diri para siswa untuk menjadi orang-orang hebat, jujur, beriman, bertaqwa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala," harapnya. 

Ditambahkan Sade, pelaksanaan upacara Hari Santri 2022 di SMPN 2 Kuningan sebagai bentuk nasionalisme, jangan melupakan sejarah terhadap bangsa Indonesia.

Informasi yang dihimpun media ini mengutip dari situs resmi Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), tema Hari Santri Nasional 2022 adalah "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan".

Pewarta : deha
Diberdayakan oleh Blogger.