Bupati Acep Terima Penghargaan Literasi Digital 2022 dari Gubernur Jabar




BANDUNG,- Bupati Kuningan, Acep Purnama, menerima Penghargaan  Tokoh Literasi Digital Daerah Tahun 2022 dari Gubernur Jawa Barat, pada Ajang Festival  Literasi Digital (Viral) di Bandung, Sabtu (8/10/2022).

Informasi yang diterima dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kuningan, turut mendampingi Kepala Diskominfo, Wahyu Hidayah.

Kepala Diskominfo Provinsi Jabar, Ika Mardiah, mengatakan, penganugerahan pada ajang viral ini merupakan bagian Road to West Java Festival. Dalam meningkatkan kesadaran dan kecakapan literasi digital di Jawa Barat.

“Kegiatan itu, sebagai penguatan program literasi digital, monitoring opini dan aspirasi publik dalam pengelolaan pengaduan masyarakat melalui replikasi Unit Kerja Jabar Saber Hoax di Kabupaten/Kota di Jawa Barat,” katanya.

Ia menyebutkan penganugrahan tahun  ini diberikan dengan berbagai kategori, diantaranya  Humas Jabar Award, Literasi Digital, Sandikami Award, Jabar Saber Hoaks, Relawan TIK Jawa Barat, dan Lomba Video IJTI.

Sementara itu, Bupati Acep Purnama, menuturkan, raihan penganugerahan literasi digital tak lepas dari dukungan masyarakat, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lainnya yang sudah memanfaatkan tranformasi digital.

"Saat ini kita harus mempunyai talenta di bidang digital dan penggunaan media digital harus memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh hukum sesuai dengan kegunaannya membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari,” kata Acep.

Dijelaskan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merubah tatanan kehidupan yang ditransformasikan ke arah digital, seperti  E-Learning, pembelajaran yang memanfaatkan teknologi, E-Commerce, jual beli.

Begitu juga E-Government, penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik dalam memberikan kemudahan pelayanan. 

"Saat ini Pemerintah Kabupaten Kuningan berkomitmen terhadap hal ini melalui Gerakan Kuningan Menuju Smart City," ucapnya.

Kadis Kominfo Kabupaten Kuningan, Wahyu Hidayah, menyebutkan, bahwa Bupati Kuningan terus memberikan dorongan akan pentingnya literasi digital.

"Bupati Kuningan selalu mengingatkan empat pilar program literasi digital, seperti Digital Skill, Digital Culture, Digital Safety, dan Digital Ethics," sebut Wahyu.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk pemanfaatan digital saat ini Kuningan sedang melakukan Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City). 

Hal itu untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan efisien dalam menyelesaikan berbagai tantangan menggunakan solusi inovatif, terintegrasi dan berkelanjutan dalam  memberikan layanan kepada masyarakat.

Mengingat dalam mewujudkan Kuningan Smart City merupakan konsep yang holistik dan kompleks maka diperlukan akselerasi melalui kolaborasi antar stakeholders  dengan strategi Collaborative Governance

"Belum lama ini,  Diskominfo Kabupaten Kuningan telah melakukan Penandatanganan Komitmen Bersama Gerakan Kuningan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Kabupaten Kuningan dengan stakeholder yang didukung Kementerian RI," katanya.

Pewarta : deha.
Sumber : Diskominfo Kuningan.




Diberdayakan oleh Blogger.