Bunda Literasi Terima 2300 Buku Bantuan dari Kemendikbud Ristek RI untuk Tujuh TBM Desa


KUNINGAN (KN),- Direktorat Perfilman Ditjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek RI memberikan 2300 buah buku sebagai bahan bacaan kepada 7 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Desa dan dua organisasi.

Bantuan buku diterima Bupati Kuningan, Acep Purnama dan Bunda Literasi Kabupaten Kuningan, Ika Acep Purnama dari Ketua Forum TBM Kuningan, Imam Muh. Agung Fauzy di Pendopo, Senin (4/7/2022).

Sebelumnya, Imam mendapatkan buku-buku tersebut dari Direktorat Perfilman Ditjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek RI.

Ketujuh TBM Desa, terdiri dari Desa Bandorasa Kulon, Kecamatan Cilimus, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Desa Cipancur dan Kecamatan Kalimanggis.

Kemudian, Desa Garawangi, Kecamatan Garawangi, Desa Kertayasa, Kecamatan Sindangagung, Desa Pasayangan, Kecamatan Lebakwangi dan Desa Koreak, Kecamatan Cigandamekar.

Adapun dua organisasi yang menginisiasi terbentuknya ruang literasi yaitu Ikatan Mahasiswa Kuningan dan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Kabupaten Kuningan. 

Bupati Acep, mengatakan, terkait perkembangan literasi di era revolusi industri 4.0 sedang menjadi topik hangat yang terus digaungkan, kecakapan literasi digital perlu terus dikembangkan tetapi membaca buku cetak pun harus tetap dibudayakan.

"Terkadang kalau kita membaca melalui digital mata mudah lelah, terus tidak fokus dengan bermunculan Iklan-iklan, apalagi anak-anak jangan dibebaskan, harus terus diawasi dalam penggunaan media sosial, supaya tidak terjerumus hal-hal negatif," katanya.

Acep menyampaikan terima kasih kepada Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI dan Pegiat Literasi Forum TBM serta Patriot Desa yang terus berkolaborasi untuk mendukung Program Desa Pinunjul, sesuai Visi Kuningan MAJU (Ma'mur, Agamis, Pinunjul Berbasis Desa) 2023.

Senada dengan itu, Ika Acep Purnama, berpesan kepada bunda literasi desa harus berperan aktif meningkatkan indeks literasi masyarakat di wilayah masing-masing.

Buku-buku yang sudah diberikan, imbuhnya, mohon agar bisa dimanfaatkan dan bunda literasi desa bisa berperan aktif dalam meningkatkan indeks literasi masyarakat.

"Peningkatan indeks literasi melalui kegiatan di Taman Bacaan Masyarakat maupun di perpustakaan desa dengan menerapkan konsep literasi berbasis inklusi sosial," katanya.

Sedangkan Imam Muh. Agung Fauzy, menuturkan, bantuan buku atas usulan surat dari Patriot Desa Kabupaten Kuningan kepada Kemendikbud Ristek RI, minggu kemarin.

"Kami mengambil 2300 buku dan akan didistribusikan ke desa yang memiliki Taman Bacaan Masyarakat atau Perpustakaan Desa," sebutnya.

Ia menambahkan, tujuannya untuk meningkatkan indeks literasi masyarakat agar mendongkrak IPM di Kabupaten Kuningan.

Hadir Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan, Kabid PAUD Dikmas, Ketua Forum TBM Kuningan dan Patriot Desa Kabupaten Kuningan.

Pewarta : deha
Diberdayakan oleh Blogger.