Yanuar Prihatin : Sejak Ada PTSL Pendaftaran Tanah Lebih Efektif



KUNINGAN (KN),-  Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Yanuar Prihatin, mengatakan, sejak ada program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) pendaftaran tanah di Indonesia lebih efektif.

"Seingat saya 125 juta bidang tanah di Indonesia, sebelum ada PTSL target per tahun paling 500 ribu bidang yang telah terdaftar atau bersertifikat," kata Yanuar ketika Sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR/BPN di Grand Cordela Hotel, Sabtu (25/6/2022).

Pertanahan diatur Undang-Undang Agraria Nomor 5 tahun 1960, sebelum ada PTSL 30-40 juta bidang tanah yang telah terdaftar.

"Tapi dengan adanya PTSL yang merupakan program strategis nasional, pendaftaran tanah milik warga masyarakat lebih cepat, efesien dan efektif," ujarnya.

Program strategis nasional akan tercapai apabila pemda setempat bisa mendorong dan mensuportnya serta pemerintahan desa menjadi ujung tombaknya.

Ia mengajak para kades, perangkat desa dan tokoh masyarakat untuk menyukseskan PTSL, memberikan pemahaman kepada warga untuk mendaftarkan tanah miliknya yang belum bersertifikat.

"Suksesya PTSL bukan target kantor ATR/BPN Kuningan tapi target nasional dan mudah-mudahan Kabupaten Kuningan menjadi percontohan tingkat nasional, minimalnya Jawa Barat," harapnya.

Apalagi 2022 Kakanwil ATR/BPN Provinisi Jawa Barat  menambahkan target di Kuningan 15000 bidang tanah PTSL, semula 75 ribu menjadi 90 ribu bidang tanah.

Secara nasional, dari 125 juta bidang tanah masih tersisa 31 juta yang belum selesai dan kurang lebih 78 juta sudah bersertifikat, 16 juta sudah terdaftar dan sisanya masih dalam proses.

"Dari 31 juta bidang tanah itu 90 ribu ada di Kabupaten Kuningan," sebutnya.

Menurutnya, hal itu harus disuport, baik oleh para kepala desa maupun warga masyarakat karena secara hukum tanah milik pribadi yang sudah bersertifikat akan lebih aman.

Terpantau acara tersebut dilakukan penyerahan simbolis sertifikat tanah dari program PTSL kepada 10 orang warga Desa Karangkamulyan, Kecamatan Ciawigebang, yang sudah 100 persen terrealisasi PTSL.

Kegiatan itu pun diakhiri dengan dialog interaktif dengan para kades terkait PTSL di desanya masing-masing.

Nampak hadir Kepala Kanwil ATR/BPN Prov Jabar, Dalu Agung Darmawan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Ujang Kosasih, Kepala ATR/BPN Kabupaten Kuningan, Surahman.

Pewarta : deha

Diberdayakan oleh Blogger.