Kantor ATR/BPN Kuningan Launching Inovasi Layanan Pertanahan




KUNINGAN (KN),- Kantor Pertanahan/Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Kuningan me-launching Inovasi Layanan Pertanahan, Kamis (2/6/2022).

Acara yang dihadiri Bupati Kuningan serta Forkopimda ditandai dengan gunting pita oleh Bupati disaksikan tamu undangan bertempat di halaman kantor ATR/BPN.

Bupati Kuningan, Acep Purnama, saat ditanya wartawan, mengatakan, Pemda Kuningan mengapresiasi inovasi layanan yang diluncurkan Kantor Pertanahan/ATR BPN Kabupaten Kuningan.

"Maka pelayanan kepada masyarakat semakin cepat, seperti pembuatan sertifikat tanah dalam program PTSL serta layanan lainnya," kata Bupati Acep.

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan, Surahman, menjelaskan, pemerintah terus mengakselerasi transformasi digital layanan publik.

"Hal itu untuk memberikan pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau masyarakat," katanya.

Ia pun memaparkan, Kementerian ATR dalam mewujudkan visi/misi 2024 yaitu "Institusi yang berstandar dunia" dengan menerapkan nilai-nilai melayani, profesional dan terpercaya.

"Perkembangan teknologi adanya perubahan dari data analog ke digital maka layanan sudah dilakukan dengan sistem elektronik," katanya.

Diantaranya, lanjut Surahman, Pendaftaran Hak Tanggungan, Roya, Pengecekan Sertifikat, Informasi Zona Nilai Tanah, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah.

"Informasi pertanahan bisa diakses dengan cara mengunduh aplikasi sentuhtanahku dan gistaru. Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan pun menambah beberapa inovasi dan akses informasi," katanya.

Inovasi layanan yaitu QRIS BRI (kerja sama dengan bank BRI) pembayaran PNBP menggunakan scan QR Code bisa melalui seluruh bank, GoPay, OVO, DANA, LinkAja dan SHOPEE.

Kemudian, SMS-delivery yaitu layanan pemberitahuan sms secara real time kepada pemohon apabila produk layanannya sudah selesai.

"SMS itu berbunyi BPNKuningan : permohonan anda nomor berkas........sudah selesai, silahkan ambil di loket pelayanan BPN Kuningan," katanya.

Selanjutnya, KUPAT-KUNINGAN singkatan KUantar sertiPikAT wilayah Kuningan yaitu layanan pengantaran sertifikat yang sudah selesai kepada pemohon lansia atau disabel.

Ada juga JENIPER yaitu JENdela Informasi PERtanahan talk show atau dialog interaktif dengan masyarakat di salah satu radio swasta.

Selanjutnya, LARI SEHAT singkatan LAyanan sehaRI Hak Atas Tanah untuk Layanan Penghapusan Hak Tanggungan (Roya), Peningkatan Hak Atas Tanah, Penurunan Hak Atas Tanah, Pengecekan Sertifikat dan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT).

Selain itu, LARASITA yaitu LAyanan RAkyat untuk Sertifikat TAnah setiap Rabu mulai pukul 10.00-14.00 WIB.

"Setiap Minggu di Taman Kota ada Weekend Service dari pukul 07.00-10.00 WIB, kebetulan tadi Pak Bupati sudah menyampaikan kalau mulai minggu besok Car Free Day dibuka kembali," katanya

Layanan lainnya yaitu PEDULI TANAH singkatan PElayanan PengDUan KonsuLtasI Pertanahan melalui nomor whatsapp, hotline, medsos dan kanal pengaduan lainnya.

Pewarta : deha
Diberdayakan oleh Blogger.