Dalam Waktu Satu Jam, Damkar Kuningan Berhasil Tangani Banjir di Jalan Siliwangi


KUNINGAN (KN),- Hanya butuh waktu satu jam lima menit, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kabupaten Kuningan, berhasil menangani genangan air banjir di depan pertokoan Jalan Siliwangi, Minggu (10/4/2022).
 
Kepala UPT Damkar, Mh. Khadafi Mufti, mengatakan, genangan air akibat hujan dari pukul 14.00 WIB disebabkan saluran air (drainase) tersumbat sampah.
 
“Sebelumnya kami mendapat informasi dari beberapa media online terkait adanya banjir di depan pertokoan Jalan Siliwangi yang tersebar di media sosial,” kata Khadafi seperti dijelaskan dalam WAG Balakar.
 
Kemudian, lima orang petugas UPT Damkar dan 1 Randis Damkar berangkat pukul 16.00 WIB, tiba di lokasi pukul 16.05 WIB langsung melakukan penanganan banjir.
 
“Dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam lima menit, genangan air pun surut,” katanya.
 
Disebutkan, ketinggian air banjir sekira 50 cm dan jika tidak segera ditangani akan mengganggu aktivitas pedagang dan membuat kemacetan lalu lintas di ruas Jalan Siliwangi.
 
Ia berharap kepada warga masyarakat jangan membuang sampah sembarangan, misalnya bekas makanan, bekas belahan kelapa muda atau lainnya karena menyebabkan saluran air tersumbat.
 
“Jika hal itu dibiarkan, maka banjir di ruas Jalan Siliwangi tersebut akan selalu terulang apalagi pembuangan atau resapan air ukurannya kecil, perlu dilakukan pembesaran lubang saluran air,” pungkasnya.
 
Pewarta : deha
Sumber : UPT Damkar Kuningan

Diberdayakan oleh Blogger.