Yusron Apresiasi Kinerja Bupati dan Wakil Bupati Kuningan


KUNINGAN (KN),- Mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Yusron Kholid, merespon acara Refleksi Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Masa Bakti 2018 - 2023 yang digagas Sekda Kuningan, di Prima Resort, Senin (13/12/2021).
 
Kepada kamangkaranews.com melalui WhatsApp, Yusron yang sekarang aktif sebagai komisioneris Baznas Kuningan. mengatakan, dirinya mengapresiasi kinerja Bupati dan Wakil Bupati Kuningan.
 
“Secara pribadi saya sungguh mengapresiasi kinerja Bupati dan Wakil Bupati Kuningan yang dengan penuh liku dihantam musibah Pandemi COVID-19,” katanya.
 
Parameter sederhana yang tercermati dengan kasat mata, Kuningan tetap kondusif dan intensitas kehadiran dalam berbagai kegiatan semakin memperlihatkan bahwa pemerintah hadir melayani dan melindungi rakyat daerah.
 
Dalam konteks giat keagamaan, khususnya yang terkait dengan penguatan kualitas serta peningkatan kapasitas tupoksi Badan Amil Zakat Nasional di Kabupaten Kuningan, Bupati dan wakil Bupati melalui Sekretaris Daerah, telah melakukan langkah strategis dan terukur.
 
Baznas Kabupaten Kuningan, sebagai lembaga pemerintah non struktural, mendapat dukungan signifikan Bupati dan wakil Bupati dalam merealisasikan program yang berintikan tercapainya kemaslahatan rakyat di daerah.
 
“Baznas mendapat ruang untuk meneguhkan tercapainya Kuningan  Makmur, Agamis dan Pinunjul Berbasis Desa,” katanya.
 
Lebih lanjut dikatakan, apresiasi disertai penghargaan yang tinggi secara faktual dalam beberapa kebijakan kohesif, diantaranya, Bupati, Wakil Bupati bersama Sekda secara bersama telah menyelenggarakan Launching Gerakan Cinta Zakat di Kabupaten Kuningan. 
 
“Kegiatan tersebut merupakan langkah pertama untuk tingkat kabupaten kota di seluruh Indonesia 
yang menjadi percontohan Baznas tingkat Nasional,” katanya.
 
Kemudian, Bupati Kuningan telah menerbitkan Instruksi Bupati Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Optimalisasi Penghimpunan Zakat, Infaq dan Shodaqoh bagi seluruh di kantor, institusi vertikal, BUMN/BUMD hingga kepala desa di lingkup Pemkab Kuningan
 
Selanjutnya, masih kata Yusron, Bupati Kuningan telah pula menerbitkan Surat Himbauan kepada seluruh ASN yang beragama Islam untuk menunaikan zakat, infaq melalui sistem pyroll.
 
Khusus poin 2 dan 3, ia telah menyampaikan laporannya kepada Baznas RI dan Baznas Provinsi guna mendapatkan BAZNAS JABAR AWARD 2021, yang Insya Allah pada Kamis 16 Desember 2021 akan ditentukan peringkatnya.
 
“Saya optimis Kuningan akan memperoleh anugerah itu,” harap Yusron.
 
Menurutnya, Bupati secara rutin setiap tahun memberikan bantuan berupa hibah daerah kepada Baznas Kuningan, guna membantu operasionalisasi kegiatan baznas sebagaimana diatur dalam UU Nomor 3 Tahun 2011 Tentang ZAKAT.
 
Bupati, Wakil Bupati, Sekda bersama steakholder daerah terus berkontribusi nyata dalam mensosialisasikan pentingnya kesadaran zakat, infaq dan sodaqoh bagi lara aghinya khususnya Aparatur Sipil Negara.
 
Disamping itu juga kepada elemen muzaki lainnya dalam rangka menanggulangi kemiskinan di daerah, dalam bingkai Aman Syar'i, Aman Regulasi dan Aman NKRI.
 
“Tentu dalam penyelesaian sisa masa bakti dua tahun ke depan, saya mohon kebijakan pemerintahan daerah yang nyata berpihak bagi pembangunan keagamaan tidak mengalami penurunan kualitas maupun kuantitasnya dengan kebijakan refocusing,” katanya.
 
Karena, imbuhnya, pembangunan mental spiritual terkorelasi dengan semangat optimis terwujudnya Visi Misi Kuningan 2023.
 
“Salam hormat dan doa dari saya untuk Pak Sekda,” pungkas Yusron.
 
Pewarta : deha

Diberdayakan oleh Blogger.