Tingkatkan Kapasitas BPD untuk Kuningan MAJU



KUNINGAN (KN),- Peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan langkah strategi dalam meningkatkan dan memperkuat pondasi selaku anggota untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara sistematis dan menyeluruh.
 
Hal itu dikatakan Bupati Kuningan, Acep Purnama di hadapan BPD se-Kecamatan Garawangi, saat membuka kegiatan Peningkatan Kapasitas BPD di salah satu hotel, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Sabtu, (2/10/2021).
 
“BPD harus menciptakan hubungan kerja yang harmonis antara pemerintah desa dan lembaga desa lainnya dalam menjalankan roda pemerintah,” katanya seperti yang dilansir dari Diskominfo Kabupaten Kuningan.
 
Hubungan harmonis dimaksud, imbuhnya, agar sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan bersama serta ikut membangun desa agar tercapai Visi Kabupaten Kuningan MAJU (Ma’mur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023.
 
Kabupaten Kuningan pada tahun ini akan melaksanakan pemilihan kepala desa, sehingga peran BPD sangat penting dalam menyukseskan perhelatan tersebut, mulai persiapan hingga pelantikan kepala desa terpilih.
 
“BPD harus bersikap netral atau tidak memihak kepada salah satu calon kepala desa, sehingga dapat berjalan dengan baik, demokratis, akuntabel dan transparan,” pungkasnya.   
 
Sementara itu, Ketua PABPDSI PK Kecamatan Garawangi, Mulyawan, menjelaskan, kegiatan ini untuk memahami kedudukan, tugas pokok dan fungsi, hak, kewenangan dan tanggung jawab Badan Permusyawaratan Desa dalam pemerintahan desa.

“Kami ingin semua pengurus BPD dapat merasakan tupoksi, hak, kewenangan dan tanggung jawab Badan Permusyawaratan Desa dalam pemerintahan desa,” katanya.
 
Masih di tempat yang sama, Ketua Penyelenggara, Endin Zaenal Abidin, menyebutkan, kegiatan ini dihadiri 119 orang peserta, terdiri dari ketua dan anggota BPD dari 17 desa se-Kecamatan Garawangi.
 
“Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman mengenai organisasi internal BPD serta fungsi bagian dalam BPD agar lebih komprehensif mengenai peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pemerintah desa,” ujarnya.
 
Pewarta : deha
Sumber : Diskominfo Kabupaten Kuningan.

Diberdayakan oleh Blogger.