Akselerasikan PAUD, Bunda Dedeh Ciptakan Lagu Anak Berjudul Peternakan dan Perkebunan


KUNINGAN (KN),- Dedeh Komalasari yang akrab dipanggil Bunda Dedeh (Bunded) seorang praktisi anak yang profesional di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD, sangat perhatian terhadap perkembangan dunia anak usia dini.
 
Kepada kamangkaranews.com, Senin (30/8/2021) Bunda Dedeh menuturkan, dirinya cukup lama menggeluti Dunia PAUD dan perhatiannya kepada anak-anak, termasuk berkreasi dalam hal perkembangan lagu anak-anak.
 
“Saya sering menciptakan karya lagu anak untuk kebutuhan ketika mengajar di PAUD (TK/Kober) dan lagu tersebut sering ditransformasikan kepada mahasiswa maupun mahasiswi karena profesi saya sebagai dosen di Prodi PG PAUD,” katanya.
 
Baru-baru ini, ia  merilis sebuah lagu ciptaannya dan telah memperoleh hak cipta. Diantaranya pada Agustus 2021, lagu berjudul Peternakan dan Perkebunan. Lagu yang cukup singkat namun bisa sebagai rangsangan pengetahuan bagi anak-anak lewat nyanyian.
 
“Mengajari, memberitahu atau menyampaikan ilmu ke anak-anak itu berbeda dengan orang biasa,” kata Bunda Dedeh di rumahnya.
 
Anak-anak biasanya lebih menyerap dan membangun pengetahuannya dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti bermain, menyanyi, menari dan kegiatan menyenangkan lainnya.
 
Lebih lanjut dijelaskan, perasaan gembira dan bahagia akan memudahkan anak-anak menerima informasi baru.
 
Untuk itu saya suka menciptakan lagu dengan irama-irama riang dan mudah diterima  serta diingat anak,katanya dengan wajah ceria.


 
Lagu Peternakan dan Perkebunan memiliki irama yang riang, dalam jangkauan nada anak-anak serta syair yang mudah diingat dan dicerna anak-anak. Jika diperdengarkan akan memberikan rangsangan bagi anak-anak untuk meletupkan perasaan gembiranya.
 
Bunda Dedeh mengaku, setiap lagu yang ia ciptakan tidak mengandung unsur komersil tapi merupakan dedikasinya serta kontribusinya dalam Pendidikan Anak Usia Dini.
 
Dengan dibantu aransemen oleh Oka Mustofa, vokal Hanna Khoirunissa dan model klip Dara Talitha, akan bisa didengar lagu yang sangat riang dan penuh semangat.
 
“Saya senang anak-anak, saya senang musik, saya bekerja di Dunia PAUD, latar belakang pendidikan yang linear, jadi bahagia sekali bisa memberikan sesuatu meskipun hanya setetes di lautan pengetahuan,” tuturnya.
 
Ia merasa sangat sedih ketika mendengar anak-anak bernyanyi tapi senandungnya tentang orang dewasa yang tidak sesuai dengan perkembangan dan karakteristik anak.
 
Di akhir perbincangan, Bunda Dedeh mengajak untuk bersama-sama bergerak agar anak-anak menyanyikan lagu anak dengan syair untuk anak, irama untuk anak karena akan membentuk mental dan karakter anak ke depannya. 

"Silakan lagu bisa dilihat dan didengarkan di channel Youtube Dedeh Komalasari,pungkas Bunda Dedeh sambil tersenyum manis.
 
Pewarta : deha

Diberdayakan oleh Blogger.