Saat PPKM Darurat, Puluhan Camat Tak Bermasker Asyik Foto Bersama ?



SLAWI (KN),- Puluhan camat di Kabupaten Tegal tertangkap kamera saat acara foto bersama tanpa memakai masker di aula gedung kantor Kecamatan Slawi, beberapa waktu yang lalu.


Tak pelak, kejadian itu mengundang pertanyaan publik karena acara foto bersama dilakukan pada saat pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.


Menurut salah seorang camat yang tidak mau disebutkan namanya, ketika dikonfirmasi melalui telefon selulernya, Rabu (28/7/2021) mengatakan, foto bersama para camat tidak direncanakan dan hanya kebetulan saja karena sudah lama tidak saling bertemu.


"Kami hanya bersua foto terus pulang, kebetulan ada beberapa camat yang akan purna tugas tahun ini, salah satunya Suwatno yang akan pensiun per 1 Agustus," katanya.


Ditanya kenapa dalam foto bersama itu tidak memakai masker, ia beralasan karena senyumnya ingin terlihat jelas.

 

"Terkait kami tidak mengenakan masker, di sesi foto tersebut kami hanya ingin senyum kami terlihat lebih jelas, jadi tidak ada unsur kesengajaan hanya kepentingan foto saja," katanya.


Ia pun menambahkan, yang jelas tidak ada acara perpisahan, hanya bersua foto saja.


Sementara itu, Kabag Pemerintahan Kabupaten Tegal, Munawar, melalui telepon selularnya belum bisa dihubungi, hingga berita ini ditayangkan, belum ada jawaban dari yang bersangkutan.


Terpisah, tokoh masyarakat yang juga Ketua LSM Benteng Masyarakat, Rudi, saat diminta pendapatnya, menuturkan, masyarakat menyayangkan kejadian tersebut.


Kalau sekedar bersua foto saja, imbuhnya, dimana pun bisa, kemudian timbulnya kerumunan tidak bermasker seolah memberi contoh kepada masyarakat hal yang tidak baik.


“Itu hanya alasan mereka saja, kalau hanya numpang foto, di gedung dewan juga bisa kok," tandasnya.


Lebih lanjut dikatakan, sebagai ASN harus memberikan teladan yang baik agar ditiru oleh masyarakat umum lainnya.


"Mereka itu ASN yang mestinya memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, bukan berfoto beramai-ramai tanpa masker seolah tidak ada peristiwa, padahal negara sedang genting, apalagi saat ini PPKM Darurat sedang diperpanjang oleh pemerintah,” katanya.


Pewarta : sR

Editor : deha 

Diberdayakan oleh Blogger.