Disdikbud Kabupaten Tegal : Peringati Hardiknas Masih Banyak Belum Tercapai Perlu Introspeksi



SLAWI (KN),- Kepala Bidang Pembinaan SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal,  Al Fatah, mengatakan, peringatan Hardiknas merupakan momentum yang tepat untuk melakukan evaluasi dan revitalisasi dalam memaknai amanat konstitusi yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

Hal itu dikatakan Fatah mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal, Akhmad Was'ari, melalui telefon selularnya, Minggu (2/5/2021).

 

Ia mengajak seluruh komponen untuk terus melakukan transformasi sistem pendidikan, agar terus menciptakan guru-guru yang unggul dan berkualitas supaya bisa mencetak generasi bangsa yang hebat dan berkualitas juga.

 

“Marilah kita terus melakukan transformasi sistem pendidikan kita, agar terus menciptakan guru-guru yang hebat dan berkualitas sehingga dapat mencetak generasi bangsa yang hebat dan berkualitas pula," katanya.

 

Terpisah, Ketua Persatuan Alumni GMNI Kabupaten Tegal, Rosa Mulya Aji, saat dihubungi WhatsAppnya kepada media ini mengungkapkan harapannya terhadap pemerintah, dalam hal ini Kemendikbud RI serta Disdikbud Kabupaten Tegal.

 

Ia berharap ada sebuah pemerataan dalam dunia pendidikan, memberikan kesempatan kepada seluruh generasi bangsa untuk mendapatkan pendidikan yang sama sebagai warga negara.

 

Kemudian, dihapusnya sistem pendidikan kapitalis sehingga pendidikan tinggi hanya bagi yang mampu secara financial.

 

“Nah ini yang perlu dipikirkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” katanya.

 

Menurutnya, ada pemerataan pendidikan, diberikan kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan bagi seluruh generasi bangsa.

 

Pendidikan jangan menggunakan sistem kapitalis sehingga ada kesempatan yang sama kepada generasi bangsa untuk menimba ilmu tanpa terkendala biaya dan pendidikan berbasis ideologi.

 

“Pendidikan apapun sudah seharusnya tidak meninggalkan Pancasila sebagai dasar negara, karena filosofinya dasar negara adalah dasar dari semua kegiatan bernegara termasuk pendidikan apapun harus berlandaskan Pancasila," ungkapnya.

 

Pewarta : sR

Editor : deha 

Diberdayakan oleh Blogger.