Bupati Kuningan Minta Hindari Kerumunan di Festival UMKM



KUNINGAN (KN),- Bupati Kuningan, Acep Purnama, meminta kepada masyarakat untuk menghindari kerumunan dan tetap menggunakan masker ketika datang ke Festival Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di bangunan bekas bioskop Kuningan Ayu.


Baca juga : http://www.kamangkaranews.com/2021/05/wabup-ridho-memasarkan-umkm-jangan.html


“Itu tanggung jawab panitia penyelenggara, termasuk keamanan,” kata Bupati Acep usai membuka Festival UMKM yang diselenggarakan Dinas Koperasi UKM Perdagangan Perindustrian (Diskopdagperin) Senin (3/5/2021).

 

Ia mengakui, merasa berat hati mengizinkan kegiatan Festival UMKM tapi kalau nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa ditutup kembali.

 

Bupati khawatir dengan adanya Festival UMKM akan memunculkan klaster baru Covid-19, maka dari itu ia berpesan agar disiplin menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan memakai masker.    

 

“Ini dalam rangka ikhitiar kami mengantisipasi Covid-19, di sisi lain ekonomi UMKM harus maju, jadi dua-duanya harus maju,” katanya.

 

Menyikapi kendala yang dihadapi UMKM yatu pemasaran, ia mengatakan, dinas instansi pemerintah seperti Polres dan Kodim sudah membantu membeli produk UMKM.

 

“Kami pun akan melakukan hal yang sama membeli produk-produk UMKM di sini dan akan melibatkan PDAU untuk membantu pemasarannya,” kata Bupati Acep.

 

Begitu pula lokasi untuk pemasaran produk UMKM dari Kabupaten Kuningan, ia mengaku sudah punya target tempat yang strategis.

 

Sementara itu. Kadis Koperasi UKM Perdagangan Perindustrian (Diskopdagperin) U. Kusmana, menerangkan, ia selalu berkeinginan untuk memajukan ekonomi UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

 

Disebutkan, di Kabupaten Kuningan hampir 70 persen UMKM terdampak Covid-19, Diskopdagperin selalu berupaya membangkitkan kembali UMKM dengan mendorong terbangunnya ekonomi kerakyatan.

 

“Diskopdagperin Kabupaten Kuningan telah menggulirkan berbagai kegiatan dan diantaranya pada sore hari ini Festival UMKM di bangunan bekas bioskop Kuningan Ayu,” katanya.         

 

Kegiatan lainnya yaitu pasar murah hampir 75 persen sudah selesai di beberapa puluh desa dan ada permintaan dari Kapolres agar pasar murah ditambah empat kecamatan dan empat desa.   

 

Pantauan kamangkaranews.com. nampak hadir Ketua DPRD Kuningan, Nuzul Rachdy, Ketua Dekranasda, Ika Acep Purnama, Kepala Bank BJB Kuningan, Iwan Setiawan, Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, Kadis Kopdagperin, U. Kusmana dan tamu undangan lainnya.

 

deha 

Diberdayakan oleh Blogger.