Jalan dan PJU Rusak Tidak Diperbaiki tetapi Mampu Mengajak Ormas-LSM Piknik ke Pangandaran ?



KUNINGAN (KN),- Banyak jalan yang rusak maupun Penerangan Jalan Umum (PJU) padam  tidak bisa diperbaiki dengan alasan uangnya belum ada karena Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kuningan belum cair.

 

Namun ternyata, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kuningan mampu mengajak para ketua serta pengurus Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) piknik ke Pangandaran yang direncanakan dua hari, Sabtu (20/3) dan Minggu (21/3/2021).

 

Tentunya, anggaran piknik tersebut dipastikan menggunakan uang negara yang jumlahnya tidak sedikit, seperti biaya untuk transportasi dan akomodasi (penginapan para peserta di hotel).

 

Informasi yang dihimpun dari salah seorang peserta, Nanang Subarnas, kegiatan itu bertema "Peningkatan Peran Serta Ormas dan LSM dalam Melaksanakan Visi Kuningan MAJU Berbasis Desa Tahun 2023" bertempat di Hotel Pantai Indah Resort, Kabupaten Pangandaran.

 

Dihadiri Bupati Kuningan, Acep Purnama, Wakil Bupati Kuningan, Ridho Suganda dan Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, Kepala BPKAD, Asep Taufik Rohman, Kepala Bakesbangpol, Budi Alimudin dan Kepala Bappeda, Usep Sumirat.  

 

Masih menurut Nanang, dalam acara itu Bupati Kuningan, menyampaikan bahwa peran organisasi kemasyarakatan di Kuningan sangat dinantikan sekali guna menunjang keberhasilan pembangunan.

 

"Makanya pemerintah Kabupaten Kuningan senantiasa terus memberikan peningkatan mutu bagi sumberdaya manusia Ormas dan LSM agar bisa berkontribusi aktif dalam mengisi pembangunan daerah," kata Bupati.

 

Acep mengucapkan terima kasih kepada Ormas dan LSM sebagai perwakilan masyarakat, yang selama ini banyak memberi masukan termasuk kritikan yang membangun bagi pemerintah, sehingga roda pembangunan di Kuningan tetap berjalan dengan baik.

 

"Semua Ormas dan LSM apapun namanya, apapun peran sertanya, sangat kita hargai karena bisa berperan aktif sesuai peran dan tupoksinya masing-masing. Bahkan Ormas yang memposisikan diri sebagai oposan pun kita tetap hargai karena perannya," ucap  Acep.

 

Sementara itu, Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, mengatakan, segala cita-cita pembangunan tidak akan tercapai tanpa adanya semangat sinergitas semua komponen baik pemerintah maupun dari unsur masyarakat.

 

"Semangat kebersamaan, Gotong Royong, Kontrol Sosial, Kebersatuan, memberikan solusi dan inovasi yang dimiliki Ormas dan LSM sangat membantu tercapainya cita-cita pembangunan," kata Dian.

 

Ia juga menambahkan, manusia yang cerdas adalah manusia yang bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi.

 

Sekda mengajak semua komponen bisa menghilangkan egosentris masing-masing agar cita-cita pembangunan bisa terwujud.

 

Sedangkan Kepala Bakesbangpol Kuningan, Budi Alimudin mengakui, akan terus berupaya agar bisa memberikan pelayanan dan peningkatan mutu Ormas serta LSM di Kuningan.

 

"Sejak awal menjabat di Bakesbangpol, kami langsung melakukan roadshow ke setiap Ormas, Orsospol dan LSM agar tercipta sinergitas, " katanya.

 

deha 

Diberdayakan oleh Blogger.