Pasca Tebing Longsor, Warga Citangtu dan Cikopo Kerja Bakti Bersihkan Lokasi



KUNINGAN,- Pasca tebing longsor dekat Jembatan Cisanggarung, perbatasan Kelurahan Kuningan dan Citangtu, Sabtu sore kemarin (2/1), puluhan warga Kelurahan Citangtu dan Cikopo Cibinuang bergotong-royong membersihkan jalan di area tersebut.

 

Sebelumnya, tebing setinggi lebih kurang 5 meter berada di sebelah kanan jalan menghubungkan Kelurahan Kuningan dengan Citangtu, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, pada pukul 17.15 wib longsor akibat hujan sejak siang.

 

Berita terkait : http://www.kamangkaranews.com/2021/01/tebing-sebelah-barat-jalan-menuju_2.html

 

Lurah Citangtu, Sutono, di lokasi kegiatan itu kepada kamangkaranews.com, Minggu (3/1/2021) mengatakan, sebenarnya tebing ini masuk ke wilayah Kelurahan Kuningan.

 

“Tapi kenapa warga Citangtu dan Cikopo Cibinuang yang aktif membersihkan bekas tanah longsor karena jalan ini dipergunakan warga Citangtu dan Cikopo,” katanya.

 

Kegiatan kerja bakti ini, imbuh Sutono, dilaksanakan sejak pagi, sedangkan kemarin sore setelah kejadian longsor, wargapun membantu menebang pohon tumbang yang menutupi jalan bersama TNI, Polri dan BPBD.  

 

Ia mengusulkan kepada Bupati Kuningan melalui Dinas PUPR mengupas tebing tanah yang rawan longsor di sepanjang jalan yang menghubungkan dua kelurahan yang secara administratif berada di Kecamatan Kuningan.

 

Menurutnya, ada informasi kalau tebing yang longsor itu akan diturunkan (dikikis) seperti terasering supaya kemiringannya tidak terlalu terjal.

 

Lebih bagus lagi jika dibangun Tembok Penahan Tanah (TPT) memakai semen agar lebih kuat, sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran warga pengguna jalan, apalagi tebing longsor seperti ini sangat dekat dengan Tempat Pemakaman Umum (TPU).

 

“Alhamdulillah sejak ditugaskan di sini Bulan Agustus 2020 saya disambut baik oleh warga Citangtu dan mereka selalu kompak termasuk melaksanakan kegiatan kerja bakti, opsih dan lain sebagainya,” katanya.

 

Terkait pandemi Covid-19, ia melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengirimkan surat kepada RW-RW dan menyampaikan informasi serta himbauan, baik formal maupun non formal, misalnya di Masjid agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan atau 3M.

 

“Kelurahan Citangtu sudah pernah disemprot disinfektan oleh Damkar, tepatnya di Lebakburang dan Talahab,” katanya.


Senada dengan itu, Lurah Kuningan, Tono Supartono, saat berada di lokasi kerja bakti, mengatakan, ia sangat mendukung apabila tebing di sepanjang Jalan Letnan Puspa Lubis diperkuat dengan terasering atau dibangun TPT.


deha

 


Diberdayakan oleh Blogger.