Pemkab Kuningan Berikan 70 Unit Sepeda Motor kepada Kecamatan dan Desa




KUNINGAN,- Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Kuningan, Apang Suparman, mengatakan, tahun 2020 pajak hotel, restoran dan hiburan mengalami penurunan hampir 40 persen.

 

“Namun Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan Perdesaan (PBB P2) yang ditargetkan Rp 30,2 M dapat terrealisasi 100 persen,” katanya ketika acara penyerahan penghargaan kepada kecamatan, desa dan kelurahan berprestasi pemungutan PBB P2 di Hotel Purnama Mulya, Selasa (22/12/2020).

 

Menurutnya, hal itu menggambarkan tingkat kepatuhan dan ketaatan masyarakat Kabupaten Kuningan secara umum atas kewajiban membayar PBB.

 

”Sangat baik untuk dimaklumi bahwa target PBB dalam APBD Perubahan tidak mengalami koreksi atau penurunan, bahkan capaian realisasi PBB  diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk capaian akumulasi pajak daerah tahun 2020,” katanya.

 

Keberhasilan tersebut tentunya merupakan kerja keras bersama yang ditopang oleh tingkat kesadaran masyarakat dalam memenuhi kewajiban membayar PBB.

 

Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan memberikan apresiasi dan penghargaan bagi kecamatan, desa dan kelurahan yang berprestasi dalam pengelolaan administrasi dan percepatan pelunasan PBB  tahun 2020 melalui penilaian tim dengan hasil akhir.

 

Sementara itu, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, menyebutkan, tahun ini memberikan bantuan sepeda motor kepada kecamatan, baru 12 unit dari 32 kecamatan, sedangkan 15 kelurahan 3 unit dan desa 55 unit dari jumlah 361.

 

“Penghargaan ini bukan tanpa sebab dan saya apresiasi atas percepatan pengelolaan PBB tepat waktu,” katanya.

 

Ia berharap tahun depan semua kecamatan, desa dan kelurahan mendapatkan sepeda motor untuk sarana operasional pengelolaan pemungutan PBB.

 

“Jika pun tahun 2021 tidak bisa semua, ya tahun depannya lagi, yang penting semuanya mendapatkan bantuan sepeda motor,” harapnya.

 

Kendati demikian, kecamatan, desa dan kelurahan yang sudah mendapatkan penghargaan jangan sampai kendor tapi terus meningkatkan prestasi dalam percepatan pengelolaan PBB tepat waktu.

 

Pantauan kamangkaranews.com, 70 unit sepeda motor itu diserahkan secara simbolis kepada Kecamatan Pasawahan, Desa Bojong Kecamatan Cilimus dan Kelurahan Windusengkahan Kecamatan Kuningan.

 

deha
Diberdayakan oleh Blogger.