KPU Kuningan Gelar IHT


 

KUNINGAN (KN),- Ketua KPU Kuningan, Asep Z. Fauzi, mengatakan, seluruh jajaran komisioner dan sekretariat harus memiliki bekal pengetahuan yang memadai tentang manajemen pemilihan.

 

“Hal ini dinilai penting dalam rangka menghadapi berbagai tantangan demokrasi electoral yang semakin kompleks. Terlebih secara kuantitas jumlah SDM KPU tidak paralel dengan beban kerja yang disandangnya,” katanya ketika membuka kegiatan In House Training (IHT) di kantor KPU, Rabu (7/10/2020).

 

Saat pembukaan Asep didampingi Kadiv Teknis Maman Sulaeman, Kadiv SDM Sosdiklih Parmas Dudung Abdu Salam, Kadiv Data dan Informasi Asep Budi Hartono, Kadiv Hukum Lestari Widyastuti dan Sekretaris KPU, Asep Pepen Ruspendi.

 

Dijelaskan, tujuan IHT untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) diikuti 125 orang tenaga SDM di Satker KPU Kuningan berlangsung selama dua hari, tanggal 7-8 Oktober 2020.

 

“Ada banyak hal yang harus dikuasai oleh penyelenggara pemilihan. Namun dari sekian banyak itu paling tidak ada lima hal yang harus dikuasai, hukumnya fardlu ‘ain,” katanya.

 

Menurut Asfa sapaan akrabnya, lima hal dimaksud mulai dari prosedur rekrutmen badan adhoc, pemutakhiran daftar pemilih, pengelolaan logistik, pemungutan dan penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara.

 

“Kalau kelima hal itu tidak dikuasai, pasti akan lemah, repot dan kedodoran karena ke depan KPU Kuningan akan menghadapi tantangan yang cukup besar,” tandasnya.

 

Tidak hanya karena semakin berkembangnya era digital, tetapi juga karena semakin meningkatnya pengetahuan publik tentang demokrasi. Jika tidak mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh, maka keberadaan penyelenggara pemilihan dengan sendirinya akan tergerus oleh zaman.

 

“Harus didesain secara sistemik, agar kita semua yang mendapat mandat sebagai penyelenggara betul-betul mengalami peningkatan kapasitas, baik aspek kognitif, apektif maupun psikomotorik. Karena itu, IHT ini penting untuk digelar dan diikuti secara serius agar berimplikasi terhadap disiplin, budaya dan lingkungan kerja yang baik,” jelasnya.

 

Sedangkan Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM Sosdiklih Parma, Dudung Abdu Salam menuturkan, IHT digelar dengan tujuan meningkatkan mendongkrak kualitas SDM.

 

Hal ini sangat bermanfaat dalam upaya membantu SDM KPU untuk mencapai titik maksimum dari potensi yang ada. Sehingga nantinya dapat mendorong tercapainya target yang sudah ditentukan.

 

“Insya Allah kegiatan ini (IHT) akan kita ikuti selama dua hari. Hari pertama berlangsung di dalam kantor dengan narasumber jajaran Komisioner dan Sekretaris KPU yang tampil secara bergilir. Sedangkan hari kedua akan digelar di luar kantor agar ada variasi berupa game dan suasana rekreatif. Insya Allah akan dipandu oleh anggota KPU Jawa Barat, Kang Endun Abdul Haq,” kata Dudung.

 

deha

 

Diberdayakan oleh Blogger.