17 Tahun Casman Arief Menjabat Komite SDN Bumiharja 1


SLAWI (KN) Casman Arief mengaku sejak tahun 2003 hingga sekarang atau 17 tahun, dirinya menjadi Ketua Komite Sekolah di SD Negeri Bumiharja 1, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal.

 

"Saya menjadi ketua komite sejak tahun 2003 hingga sekarang belum pernah diganti, kurang lebih sudah ada pergantian lima kepala sekolah, sebenarnya saya sudah capek ingin istirahat jadi komite tapi tidak pernah diganti oleh kepala sekolah," katanya kepada media ini melalui telepon selularnya, Jumat ( 2/10/2020).  

 

Casman Arief merupakan pejabat di Dinas Pendidikan Kabupaten Tegal dengan jabatan pemilik sekolah di KWK Tarub ini tak segan menganggap keberadaan Dewan Pendidikan Kabupaten Tegal tidak menjalankan fungsinya dengan baik ketika menjawab soal tidak taat aturan dengan Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

 

"Selama ini kami para komite tidak pernah mendapat edukasi dan pembinaan tentang komite dari dewan pendidikan yang seharusnya ini jadi kewajiban dewan pendidikan untuk mengontrol, selama ini boleh dibilang vakum, semenjak lepas dari kepengurusan oleh pak Dimyati keberadaan Dewan Pendidikan kurang greget," imbuhnya.

  

Pada pemberitaan sebelumnya Kepala SD Negeri Bumiharja 1 Pariyanto, menolak permintaan awak media agar menunjukkan administrasi komite sekolah termasuk program kerja komite.

 

Hal itu terungkap ketika ditanyakan adanya informasi pemotongan kepada siswa penerima kartu PIP yang dilakukan oleh oknum guru dan adanya kegiatan pembangunan proyek DAK di sekolah tersebut, belakangan diketahui bahwa komite sekolah tidak memiliki kelengkapan administrasi.

 

Sementara itu salah satu aktivis Peduli Pendidikan Tegal, Slamet, mengkritisi tidak taatnya satuan pendidikan dengan aturan yang ada.

 

"Mestinya setelah adanya Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 satuan pendidikan segera membubarkan pengurus komite yang lama dan membentuk komite yang baru paling lambat setahun setelah diundangkannya Permendikbud tersebut,” tandasnya.

 

Ia menyayangkan banyak keberadaan komite sekolah tidak tertib administrasi dan hanya sebagai simbol sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya  dengan baik, padahal komite sekolah sangat penting peranannya dalam memajukan sekolah.

 

(Tim) 

Diberdayakan oleh Blogger.