Kasus Covid-19 di Pontren Husnul Khotimah Bertambah Jadi 56


 

KUNINGAN,- Kasus Covid-19 di Pondok Pesantren Husnul Khotimah, Dusun Kaliwon Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, semula 47 kini menjadi 56 kasus, sehingga keluar masuk pontren tersebut diperketat.

 

“Pontren Husnul Khotimah sementara ditutup selama 14 hari, penghuni di dalam tidak boleh ada keluar, begitu juga dari luar tidak boleh masuk, termasuk semua kegiatan di ponpes dihentikan,” kata jubir Satuan Gugus Tugas Covid-19, Agus Mauludin, dalam WAG Media Corona, Sabtu (26/9/2020).

 

Kendati demikian, lanjut Agus, untuk santri yang tidak terkonfirmasi Covid-19 dapat dijemput keluarganya setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu.

 

“Untuk petugas loundry dari dalam mengantar ke pintu keluar, nanti dari pintu masuk ada yang mengambil, termasuk makan juga ada yang mengantar ke kamar santri dengan menggunakan peralatan sekali pakai ” katanya.

 

Sementara itu, informasi yang dihimpun dari UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan telah dilakukan penyemprotan cairan disinfektan sebanyak 4500 liter di lingkungan Pondok Pesantren Husnul Khotimah, Sabtu (26/9).

 

“Kami menugaskan 8 orang personil dengan 1 Randis Damkar membawa 4500 liter cairan disinfektan dalam waktu satu jam. Penyemprotan dilakukan selama tiga hari berturut-turut, hingga Senin 28 September 2020,” kata Kepala UPT Damkar Satpol PP Kuningan, M. Khadafi Mufti.

 

Disebutkan, selain petugas Damkar, turut pula 6 orang petugas BPBD Kuningan, satu anggota Polsek Jalaksana, satu anggota Koramil Jalaksana, Tim Medis PKM Jalaksana dan Japara serta aparat desa setempat.

 

Khadafi menjelaskan, penyemprotan cairan disinfektan ini ditujukan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan pesantren, paska diketahuinya 56 santri Ponpes Husnul Khotimah terkonfirmasi positif Covid-19.

 

Penyemprotan cairan disinfektan tersebut merupakan perintah langsung dari Satgas Penanganan  Covid-19 Kuningan berdasarkan pada permintaan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan Pondok Husnul Khotimah.

 

deha

 

Diberdayakan oleh Blogger.