Ketua Saber Pungli Provinsi Jabar Kunjungi Kuningan




KUNINGAN (KN) Ketua Saber Pungli Provinsi Jawa Barat, Kombes Pol. Syahri Gunawan, bersama Tim Saber Pungli disambut Bupati Kuningan Acep Purnama di Pendopo Kabupaten Kuningan (4/8/2020).

Kunjungan tersebut didampingi Kabid Ops AKBP Harso Pudjo Hartono, Kabid Datin Pembina TK I M. Yudi Ahadiat, Pokja Pencegahan Pemibina Madya Ahmad Kapi Sutisna, Pokja Penindakan Kapten Pom Gingin Ginanjar dan Tim Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat.

Nampak hadir Wabup Kuningan, Muhamad Ridho Suganda, SH, MSi, Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik dan Sekda Kuningan Dian Rahmat Yanuar.

Kepada sejumlah wartawan, Syahri, mengatakan, kunjungan ke Kabupaten Kuningan untuk memberikan arahan kepada seluruh pelaksana Saber Pungli UPP Kabupaten Kuningan dan mengecek kesiapan Tim Saber Pungli UPP Kabupaten Kuningan yang diketuai oleh Kompol Jaka Mulyana.

Ia pun mengapresiasi Tim Saber Pungli Kabupaten Kuningan yang telah melaksanakan beberapa kegiatan dan masih ada beberapa bulan ke depan dan mudah-mudahan saber pungli ini menjadi contoh.

"Alhamdulillah kegiatan saber pungli di Kabupaten Kuningan banyak yang berhasil, utamanya pencegahan bahkan Bupati Kuningan telah menganggarkan Rp 750 juta di tahun ini," kata Syahri.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam situasi pandemi ini Tim Saber Pungli melaksanakan pengawalan pembagian bansos dengan mengedepankan pencegahan karena saber pungli adalah kebersamaan atau sinergitas beberapa instansi.

Untuk wilayah di Jawa Barat jumlah pengaduan bansos dari masyarakat belum begitu valid, sehingga hingga hari ini belum ditetapkan tersangka.

“Khusus di Kabupaten Kuningan tidak kasus bansos yang mencuat,” katanya.       

Sementara itu, Bupati Acep menyambut baik kedatangan Ketua Tim Saber Pungli Provinsi Jawa Barat dan keberadaan Saber Pungli sangat membantu untuk menciptakan pemerintahan yang baik, clean and good government.

“Pemerintahan yang baik itu apabila dalam melaksanakan tugas, pokok dan fungsi dalam kondisi yang tenang dan saber pungli di Kabupaten Kuningan dibentuk dalam rangka pencegahan untuk Kabupaten Kuningan yang bersih dari KKN,” katanya.

Menurut Bupati, penanganan saber pungli ini tidak hanya menangani korupsi namun kolusi dan nepotisme.

Setelah melaksanakan pertemuan Tim Saber Pungli Provinsi Jawa Barat menyempatkan diri berfoto bersama Tim Pelaksana Saber Pungli UPP Kabupaten Kuningan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun kamangkaranews.com, Satgas Saber Pungli Kuningan termasuk satgas yang mendapatkan penghargaan satgas terbaik di Jawa Barat yaitu di bidang pencegahan pada tahun 2018, sedangkan di tahun 2020 masuk urutan ke 7 dari 10 besar.


Upaya pengembangan informasi kepada masyarakat Kabupaten Kuningan mengenai Saber Pungli dilakukan melalui media cetak dan online, radio (rukun - radio urang kuningan network), sms blast, bahkan ke depan sedang dibuat website.


deha

Diberdayakan oleh Blogger.