Kunci Sukses “Ali Action” Banyak Sodakoh dan Sayangi Orang Tua




KUNINGAN (KN) Salah seorang pengusaha rumah makan, H. Mochamad Ali yang biasa dikenal dengan nama “Ali Action” mengatakan, rahasia sukses menjadi pengusaha rumah makan yaitu banyak sodakoh dan sayangi orang tua

Ia datang dari Lamongan, Jawa Timur, ke Kabupaten Kuningan tahun 1987 awalnya hanya pedagang kaki lima pada tahun 1993 hingga mempunyai beberapa rumah makan.

“Rumah makan di Ciloa merupakan cabang yang ke 13,” katanya kepada puluhan wartawan media cetak, elektronik dan media online yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Kuningan Bersatu (ANARKIS) di rumah makan setempat, Selasa (16/6/2020).

Rumah Makan Ali Action Cabang Ciloa dibuka bertepatan dengan Idul Fitri bulan kemarin, menu andalannya yaitu ikan gurame, sate dan sop iga serta menu sea food yang merupakan ciri khas “Ali Action”.



“Mengenai harga mulai dari Rp10.000 pun bisa masuk di sini, bahkan untuk teman bisa gratis, termasuk mengundang rekan-rekan wartawan hari ini,” katanya.

Menyikapi pandemi Covid-19, apakah ada dampak terhadap jumlah pengunjung, ia mengatakan, masih banyak hanya dibatasi waktunya sesuai dengan anjuran Pemda Kuningan dalam masa PSBB.

“Terkadang jam 9 malam di sini sudah tutup tiba-tiba teman saya datang, disarankan ke Taman Kota ternyata dia tidak mau, masa harus diusir ?,” katanya.

Mengenai omzet dari bisnis kuliner, ia menjelaskan, tidak selamanya mendapatkan keuntungan namun sering juga impas antara modal dan pemasukkan, kendati demikian pegawainya yang berjumlah 120 orang gajinya harus terpenuhi.

Ia mengutamakan memperkerjakan orang Kuningan, sedangkan keuntungan bisnis nomor dua karena ingin memberikan lapangan pekerjaan kepada orang Kuningan, meskipun ia bukan asli orang Kuningan tapi istrinya dari Kuningan.

“Motivasi kepada yang lain kalau punya perusahaan, mengutamakan lapangan pekerjaan untuk orang Kuningan, termasuk pengadaan ikan lele untuk menu pecel lele, ia membeli dari petani ikan yang ada di Kabupaten Kuningan,” katanya.

deha


Diberdayakan oleh Blogger.