Soal Virus Corona, Bamsoet Minta Menkes Segera Kirim Peralatan ke RS Daerah




JAKARTA (KN),- Masih kurangnya kelengkapan dan jumlah peralatan medis untuk menangani pasien yang terjangkit virus corona atau Covid-19 di sejumlah Rumah Sakit (RS) di berbagai daerah, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, meminta Kementerian Kesehatan untuk segera mengirimkan kelengkapan peralatan yang dibutuhkan RS di daerah.

“Peralatan itu untuk penanganan terhadap pasien yang terjangkit virus corona, terutama kelengkapan untuk membuat ruang isolasi, serta memastikan tenaga medis yang memadai dan mencukupi untuk menangani pasien terjangkit virus tersebut,” katanya dalam siaran pers kepada kamangkaranews.com melalui WhatsApp, Kamis (5/3/2020).

Kementerian Kesehatan untuk membuat standar kesehatan RS yang sama, seperti standar perlindungan diri dan kelengkapan peralatan yang layak guna, sehingga kualitas RS di seluruh Indonesia merata dan masyarakat dapat dengan mudah melakukan pengobatan tanpa perlu terlebih dahulu dirujuk ke RS yang lebih jauh.

Menurutnya, Pemerintah untuk dapat mencari tambahan alat pelindung diri untuk RS yang masih kekurangan atau  belum memiliki, mengingat alat tersebut saat ini diperlukan sebagai salah satu kelengkapan penanganan terhadap pasien dengan virus corona.

“Setiap RS harus memberlakukan Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai standar yang berlaku jika terpantau ada pasien yang terindikasi terjangkit virus corona,” katanya.

Bukan hanya itu, seluruh Pemerintah Daerah (Pemda), perangkat desa, RS, maupun Puskesmas di seluruh Indonesia untuk terus melakukan sosialisasi tentang cara pencegahan penyebaran COVID-19 (virus corona) kepada masyarakat.

“Masyarakat harus diberikan pemahaman mengenai gejala, penanganan dan pencegahan yang benar, agar tidak mudah terpengaruh oleh informasi yang belum dapat diketahui secara pasti kebenarannya,” harap Bamsoet.

deha

Diberdayakan oleh Blogger.