Kesbangpol Kuningan Ajak Generasi Muda Pahami Nilai-nilai Pancasila




KUNINGAN (KN),- Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kuningan, Dadang Darmawan, mengajak masyarakat terutama generasi muda untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam 5 Sila Pancasila, agar mental kebangsaan tidak mudah luntur dan terpengaruh ajaran atau paham yang berusaha merusak Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia.

“Kalau dulu di desa-desa dan berbagai tempat lainnya terdapat ikon atau simbol tentang Pancasila, minimalnya masyarakat diingatkan jika membaca 5 Sila Pancasila,” katanya kepada kamangkaranews.com di ruang kerjanya, Kamis (12/3/2020).

Dengan demikian, lanjut Dadang, ketahanan bangsa dan jiwa nasionalisme masyarakat Indonesia dapat terjaga, sehingga tidak mudah terhasut oleh ajaran yang tidak sesuai dengan Pancasila, apalagi yang anti Pancasila.

Menurutnya, saat ini tidak tertutup kemungkinan masih banyak masyarakat Indonesia terutama generasi muda, termasuk di Kabupaten Kuningan yang melupakan Pancasila, bahkan beberapa waktu lalu sempat viral di media massa maupun medsos dalam ajang Pemilihan Putri Indonesia ada peserta yang tidak hapal 5 Sila Pancasila.

“Siapapun harus menghormati Pancasila yang merupakan dasar negara dan tidak boleh melupakan sejarah terbentuknya Pancasila hasil kesepakatan para stakeholder pendiri bangsa yang menjadikan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia,” katanya.

Ia sangat setuju dengan pemikiran Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPR RI Dapil Kuningan, Yanuar Prihatin atau yang lainnya untuk memasukkan kembali Pelajaran Moral Pancasila (PMP) ke dalam kurikulum mata pelajaran di sekolah-sekolah.

deha

Diberdayakan oleh Blogger.